360 Review Software

10 Software Terbaik 360 Derajat Untuk Feedback Karyawan

Salam Sobat Canggih, berbicara tentang manajemen sumber daya manusia, setiap perusahaan tentunya ingin meningkatkan kinerja karyawan agar dapat mencapai target yang diproyeksikan. Sebagai solusi, beberapa perusahaan mulai menerapkan metode 360 derajat pada sistem manajemen sumber daya manusia mereka.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan software 360 derajat masih memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan sepuluh software 360 derajat terbaik untuk feedback karyawan tahun 2022. Kami akan membahas kelebihan dan kekurangan dari setiap software serta memberikan panduan untuk memilih software yang paling cocok untuk perusahaan Anda.

Kelebihan Penggunaan Software 360 Derajat

Meningkatkan Kepuasan Karyawan 🔝

Dengan menggunakan software 360 derajat, karyawan akan merasa lebih dihargai karena mereka diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan pada rekan kerja dan atasan mereka. Hal ini dapat membantu membangun rasa percaya diri dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Sumber Daya Manusia 💻

Software 360 derajat memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan proses pengumpulan, analisis, dan penilaian data feedback karyawan. Hal ini akan membantu meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya manusia dan mengurangi beban kerja HRD dalam mengelola data feedback karyawan.

Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas 👀

Keterangan dan penilaian feedback karyawan dapat divisualisasikan dalam bentuk grafik atau laporan, sehingga memungkinkan setiap karyawan untuk mengetahui perbedaan antara ekspektasi mereka dengan kinerja mereka saat ini. Hal ini memungkinkan setiap karyawan menjadi lebih transparan dan akuntabel dalam pekerjaannya.

Memperbaiki Proses Pengambilan Keputusan 🧑‍💼

Dengan menggunakan data feedback karyawan, manajemen dapat menemukan dan menganalisis tren serta memberikan rekomendasi pada karyawan terkait perbaikan kinerja dan pengembangan karir mereka. Hal ini akan membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan tepat guna untuk kepentingan perusahaan.

Mendorong Peningkatan Kinerja Karyawan 💯

Dengan menggunakan feedback karyawan, manajemen dapat memberikan penghargaan dan umpan balik konstruktif pada karyawan terkait kinerja mereka untuk mendorong mereka untuk terus memperbaiki diri dan melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

Mendorong Perubahan Budaya Perusahaan 🌐

Feedback karyawan dapat membantu perusahaan untuk mempromosikan budaya perusahaan yang memuaskan dengan memberi kesempatan kepada karyawan untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini merupakan pondasi yang kokoh untuk mendorong perubahan budaya yang lebih baik di perusahaan.

Memberikan Pengalaman Karyawan yang Lebih Baik 🎉

Pada akhirnya, penggunaan software 360 derajat dapat membantu menciptakan pengalaman karyawan yang lebih baik karena karyawan merasa lebih diapresiasi, difokuskan pada pengembangan mereka, dan mendapatkan umpan balik secara berkala. Hal ini dapat membantu perusahaan menjaga karyawan mereka dan mendorong pertumbuhan bisnis yang stabil.

Kekurangan Penggunaan Software 360 Derajat

Dapat Memicu Kecemburuan dan Pertikaian Antara Karyawan 🤝

Saat feedback karyawan diberikan terbuka, dapat memicu kecemburuan dan pertikaian antara rekan kerja. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki sistem yang kuat untuk menangani masalah ini.

Harus Diterapkan dengan Benar untuk Menghindari Bias Penilai 🙅‍♂️

Software 360 derajat harus diterapkan dengan benar dan objektif untuk menghindari bias penilai. Hal ini dapat menimbulkan masalah ketidakadilan dalam penilaian dan memberikan dampak buruk bagi karyawan dalam jangka panjang.

Membangkitkan Ketakutan pada Karyawan 🙎‍♀️

Beberapa karyawan mungkin merasa takut atau terintimidasi jika harus terekspos secara terbuka dalam feedback karyawan. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja mereka dan harus ditangani dengan hati-hati oleh perusahaan.

Dapat Menghasilkan Data yang Tidak Melimpah 💔

Jika tidak ada cukup data yang dapat diakses, software 360 derajat dapat menghasilkan data yang tidak mencukupi. Hal ini dapat mempersulit manajemen dalam pengambilan keputusan.

Memerlukan Biaya dan Waktu yang Besar 🕧

Perusahaan harus meluangkan waktu dan biaya untuk mengimplementasikan software feedback karyawan. Hal ini termasuk biaya untuk pelatihan dan memperbarui software, serta waktu yang diperlukan untuk meninjau dan menganalisis data feedback karyawan.

Tidak Berguna Jika Tidak Diterapkan Dengan Benar 🤷‍♂️

Jika perusahaan tidak menerapkan feedback karyawan dengan benar, maka penggunaan software 360 derajat dapat menjadi sia-sia. Perusahaan harus memastikan bahwa semua karyawan memahami tujuan penggunaan feedback karyawan dan bagaimana feedback tersebut dapat membantu perusahaan.

Baca Juga  Purchase Order Software For Small Business

Skenario Terburuk: Malpraktek dan Kekerasan 💥

Satu-satunya kelemahan terakhir dari software feedback karyawan adalah dapat mendorong tindakan malpraktek dan kekerasan. Dalam hal ini, perusahaan harus bersiap, dan menyiapkan pencegahan dan prosedur penanggulangan yang tepat untuk menjaga kondusifitas lingkungan kerja

Tabel Pengenalan 10 Software Terbaik 360 Derajat Untuk Feedback Karyawan

Nama Software Jenis dan Harga Kelebihan Kekurangan
Engagedly Cloud. Mulai dari $2.50/user/bulan Mudah digunakan dan disesuaikan, fitur analitik dan pelaporan yang luar biasa Integrasi payroll yang terbatas
ClearCompany Cloud. Mulai dari $5,50/user/bulan User-friendly, fitur integrasi dengan Platform HR, e-signature, & high security protocols Tidak tersedia untuk perusahaan kecil, transisi dari HRMS yang sulit
PeoplePoint360 Cloud. Mulai dari $300 untuk kelompok karyawan hingga 50orang Secara efektif merencanakan review, mudah dikustomisasi, & analitik eksklusif untuk HR Tidak memiliki fitur massa import feedback karyawan, integrasi software yang terbatas
Qualtrics Perangkat Lunak. Mulai dari $1,500/tahun Fitur analisis data canggih, feedback yang terstruktur dan efektif, dan integrasi dengan FitBuild and Learning Membutuhkan pelatihan tambahan untuk dapat menggunakan fitur tertentu
ADP Workforce Now Cloud. Harga tidak tersedia Memiliki fitur Review360 dari Skillsoft, yang memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja karyawan Memiliki banyak fitur yang bingung sehingga merugikan pengguna
Trakstar Cloud. Mulai dari $4/karyawan/bulan Memiliki fitur penilaian kinerja dan feedback secara real-time Tidak banyak memberi keuntungan pada perusahaan yang sudah memiliki sistem yang cukup baik
SkillSurvey Perangkat Lunak/Mobile. Mulai dari $3,500/tahun Memiliki fitur seperti skill assessment, penilaian kinerja berbasis kompetensi, dan alat pengumpulan data feedback karyawan yang mudah digunakan & didistribusikan. Jumlah pertanyaan yang tidak terlalu banyak
BambooHR Cloud. Mulai dari $995/tahun Interface yang user friendly, pelacak kinerja, dan sertifikat penghargaan online Fitur integrasi yang tidak lengkap
Zoho People Cloud. Mulai dari $0.83/user/bulan Memiliki fokus pada transparansi dan melibatkan semua karyawan Cukup mahal mengingat beberapa fitur yang ditawarkan perusahaan lain dengan harga yang lebih terjangkau
Saba Cloud Cloud. Mulai dari $9/user/bulan Integrasi dengan software kapitalisasi dan pengelolaan persemaiannya yang baik Tidak ada opsi untuk menambahkan templat kustomisasi

FAQ : Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apa itu software 360 derajat?

Software 360 derajat adalah software HRD yang memberikan feedback pada karyawan dari berbagai sumber, termasuk atasan, rekan kerja, dan karyawan itu sendiri.

2. Apa keuntungan menggunakan software 360 derajat?

Keuntungan menggunakan software 360 derajat meliputi meningkatkan kepuasan karyawan, meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya manusia, meningkatkan transparansi, memperbaiki proses pengambilan keputusan, mendorong peningkatan kinerja karyawan, dan mempromosikan perubahan budaya perusahaan.

3. Apa kekurangan menggunakan software 360 derajat?

Kekurangan menggunakan software 360 derajat meliputi dapat memicu kecemburuan dan pertikaian antara karyawan, harus diterapkan dengan benar untuk menghindari bias penilai, potensi ketakutan pada karyawan, dapat menghasilkan data yang tidak mencukupi, memerlukan biaya dan waktu yang besar, tidak berguna jika tidak diterapkan dengan benar, dan skenario terburuk: malpraktek dan kekerasan.

4. Apa panduan memilih software 360 derajat yang tepat?

Memilih software 360 derajat yang tepat harus mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti biaya, fitur dan fungsionalitas, kemudahan penggunaan, integrasi, dukungan pelanggan, dan keamanan. Perusahaan dapat memulai dengan menguji beberapa software dan membaca review dari sumber yang terpercaya sebelum membeli software yang tepat.

5. Bagaimana cara melatih karyawan menggunakan software 360 derajat?

Perusahaan harus memastikan bahwa semua karyawan memahami tujuan penggunaan feedback karyawan dan bagaimana feedback tersebut dapat membantu perusahaan. Pelatihan dilakukan dengan detail untuk mentransfersikan fungsi / fitur software, membangsakan metode penggunaan dengan penjelasan detailed user manual, memfasilitasi Q&A, dan simulasi penggunaan.

6. Apa cara mencegah kecemburuan dan pertikaian di antara karyawan saat feedback diberikan terbuka?

Untuk mencegah kecemburuan dan perselisihan, perusahaan harus memastikan bahwa feedback diberikan dengan cara yang obyektif dan professional. Perusahaan harus mengembangkan penerimaan kolektif pada feedback. Hal ini harus didapat melalui komunikasi yang jelas dan transparan, memberikan umpan balik terbuka, dan memberikan waktu untuk refleksi dan bertukar informasi.

7. Bagaimana cara menghindari pembuatan feedback yang bias atau tidak obyektif dalam pemilihan software feedback karyawan?

Dalam memilih software feedback karyawan, perusahaan harus memastikan bahwa feedback diberikan dengan cara yang profesional dan obj

Prepared to optimize your backlinks for success? Click this link to utilize the best backlink enhancement solutions on Fiverr and elevate your website to new heights of credibility and visibility!