Bingung Cara Input Token Listrik? Ini Dia Penjelasannya !!

Cara Input Token Listrik – Listrik merupakan kebutuhan pokok dalam rumah tangga yang membutuhkan biaya yang besar. Ada pula jenis listrik prabayar yang menggunakan sistem prabayar yaitu menggunakan token listrik. Oleh karena itu anda harus mengetahui cara input token listrik untuk kebutuhan anda

Pemakaian peralatan yang anda gunakan jelas mempengaruhi biaya listrik yang dibayarkan. Jika dulu pembayaran listrik dilakukan di akhir bulan sesuai dengan penggunaan listrik dalam satu bulan itu. Maka kini PLN memunculkan sistem baru yaitu listrik prabayar.

Cara Input Token Listrik

Ada perbedaan yang signifikan antara listrik pascabayar dan prabayar. Hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi pengguna listrik sendiri. karena masing – masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Sistem pascabayar sendiri sudah lebih dulu ada sibanding listrik prabayar. Sistemnya pun tidak kita lakukan mandiri, kita hanya perlu mengecek tagihan listrik kemudian membayarnya. Namun untuk listrik prabayar terdapat perbedaan sistem pembayarannya.

Cara Input Token Listrik

Untuk anda yang menggunakan listrik prabayar atau anda yang ingin beralih menggunakan listrik prabayar, maka simak penjelasan berikut untuk mengetahui informasi penting mengenai listrik prabayar dan bagaimana cara pembayaran listrik prabayar.

Apa Itu Listrik Prabayar?

Listrik prabayar juga biasa disebut sebagai listrik pintar. Hal itu dikarenakan pengguna bisa mengendalikan penggunaan listrik sesuai dengan kebutuhan. Ini disebabkan listrik pintar ini menggunakan sistem pembayaran di awal dengan bentuk kuota atau token listrik.

Selain sistem pembayaran yang berbeda, alat yang digunakan juga berbeda. Jika pada listrik pasca bayar masih menggunakan meteran. Maka pada listrik prabayar sudah menggunakan sistem digital atau alatnya bernama bargainser.

Namun di era digital ini, orang sudah dimudahkan dengan adanya aplikasi di ponsel atau fasilitas pelayanan umum yang memudahkan kita  dalam membayar listrik baik sistem prabayar maupun pascabayar.

Apa Kelebihan Listrik Prabayar?

Kelebihan menggunakan listrik prabayar dibanding pascabayar adalah kita bisa menentukan pemakaian listrik yang bisa disesuaikan dengan anggaran untuk listrik. Karena anda mengisi kuota listrik terlebih dahulu.

Misalkan anggaran listrik anda untuk tiap bulan sebesar 200 ribu. Maka pada awal bulan anda mengisi kuota atau token sebesar 200 ribu. Nah selama satu bulan itu, anda hanya perlu mengatur pemakaian listrik sesuai dengan kuota yang anda isikan tersebut.

Apa Kekurangan Listrik Prabayar ?

Karena pengisian tokennya individu, anda perlu benar – benar mengingat kapan waktu terakhir kali mengisi kuota. Kemudian diperlukan perhitungan yang tepat mengenai penggunaan listrik supaya token yang diisikan cukup untuk satu bulan.

Jika perhitungan anda salah maka listrik anda bisa mati sewaktu – waktu karena tidak terasa token anda sudah habis. Hal ini perlu anda perhatikan, jangan sampai aktivitas sehari – hari anda terganggu karena listrik mati secara tiba – tiba.

Bagaimana Cara Mengisi Token Listrik Prabayar?

Berbeda dengan listrik pascabayar, sistem kuota pada listrik prabayar membuat anda harus bisa mengisi token listrik sendiri. sehingga tidak muncul permasalahan dalam mengisinya. Berikut akan dijelaskan cara mengisi token listrik.

1. Beli Voucher Atau Kuota Listrik

Pada dasarnya sistem pembelian kuota listrik sama saja dengan anda membeli kuota internet. Anda bisa membelinya di counter atau gerai yang melayani pembelian kuota listrik. Minimal pembelian adalah 20 ribu rupiah.

Anda sendiri yang menentukan besaran kuota atau token yang ingin anda beli. Tentu saja sesuaikan dengan kebutuhan sehari – hari anda. Nantinya anda akan mendapat kode untuk bargainser yaitu 20 digit kode.

2. Memasukkan Kode Ke Meteran

Setelah anda mendapatkan kode 20 digit tersebut maka anda hanya perlu mengetikkannya pada meteran untuk memasukkan kuota atau token yang anda beli tadi. Masukkan kode dengan teliti dan benar kemudian pencet enter.

Jika anda salah memasukkan kode tersebut maka caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menghapus dengan menekan backspace kemudian mengetikkan  ulang kodenya.

3. Konfirmasi Kode Salah Atau Benar

Jika kode yang anda masukkan sudah benar maka meteran akan memberikan konfirmasi dengan menunjukkan tulisan “benar” atau “accept” maka kode yang anda masukkan sudah benar dan sesuai.

Namun jika yang muncul adalah tulisan “salah” atau “reject” maka kode yang anda masukkan salah dan anda perlu mengulangi nya. Kembali masukkan kode dengan benar dan teliti agar tidak terjadi kesalahan lagi.

4. Token Terisi

Jika input sudah benar dan konfirmasi meteran menunjukkan benar. Maka token listrik anda sudah terisi dan bisa digunakan. Jika token yang anda masukkan masih terus salah, alangkah baiknya anda konfirmasi kepada gerai tempat anda membeli token tadi.

Baca Juga  Berapa Harga per Kwh Listrik? Cek Daftar dan Ulasan Lengkap Berikut!

Demikian Cara Input Token Listrik dengan membeli pada counter atau gerai. Namun bagi anda yang enggan beranjak ke konter atau gerai kuota dan ingin mengisinya melalui M-Banking, jangan khawatir karena ada cara yang bisa anda lakukan.

BCA

  1. Masuk pada menu utama M-Banking kemudian masuk pada m-commerce.
  2. Anda pilih opsiPLN prabayar.
  3. Input atau masukkan angka meteran atau IDPEL.
  4. Masukkan nominal pulsa atau kuota yang ingin anda isi.
  5. Terakhir pilih ok untuk konfirmasi pembelian.

BRI

  1. Setelah masuk pada aplikasi selanjutnya pilih “isi ulang”.
  2. Lalu anda harus memilih opsi “PLN” dengan jenis transaksi “PLN Prabayar”
  3. Selanjutnya masukkan nomor meteran atau ID pelanggan anda.
  4. Lalu masukkan nominal pulsa atau token yang ingin anda beli.
  5. Tekan ok kemudian masukkan PIN dan pilih send.
  6. Lakukan konfirmasi dengan tekan ok.
  7. Cek sms di hp anda untuk mendapatkan pesan konfirmasi dan kode voucher
  8. Masukkan kode voucher yang dikirim melalui sms ke meteran anda.

Bagaimana Tips Menghemat Penggunaan Listrik?

Setelah anda mengetahui cara pengisian token listrik. Anda kini perlu mengetahui bagaimana cara menghemat listrik dirumah anda supaya tidak melebihi anggaran listrik yang sudah direncanakan dalam jangka satu bulan.

  1. Jangan biarkan saklar listrik yang tidak digunakan dibiarkan terpasang begitu saja, hal ini juga berlaku untuk benda – benda elektronik. Cabut jika tidak digunakan supaya tidak membuang energi listrik.
  2. Lakukan penghematan penggunaan lampu. Cukup gunakan lampu pada malam hari atau tempat – tempat yang minim cahaya. Untuk siang hari maka jangan gunakan waktu supaya tidak membuang listrik.
  3. Hidupkan AC pada kondisi tertentu saja dan jangan biarkan kulkas anda penuh. Dua hal ini akan mempengaruhi besaran arus listrik yang digunakan.
  4. Saat tidur maka cabut dan matikan semua alat elektronik. Tujuannya agar alat elektronik tidak menyedot listrik karena tidak digunakan.
  5. Lakukan pengaturan terhadap setrika dan mesin cuci. Jangan mencuci dan menyeterika setiap hari.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan tips Cara Input Token Listrik. Untuk pilihan menggunakan listrik pascabayar atau prabayar. Hal tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan listrik di rumah anda, gunakan listrik dengan bijak dan secukupnya saja.
Baca juga artikel tentang ukuran kabel listrik dan Tips memilih keramik dinding teras di e tabloid kreasi rumah. .

error: Content is protected !!
Scroll to Top