Apa itu Screed? Dan Bagaimana Cara Menghitung Pekerjaan Screed Lantai?

Screed lantai ialah lapisan halus yang diaplikasikan oleh tukang saat finishing pada lantai. Screed ini sangat penting dalam konstruksi bengunan karena dapat membuat tampilan lebih sempurna serta melindungi permukaan lantai sehingga tukang harus mengerti cara menghitung pekerjaan screed lantai.

Lazimnya, ketebalan screed sekitar 50 millimeter sampai 100 millimeter. Screeding juga lazim digunakan untuk membuat lantai menjadi rata, menambah ketinggian lantai beberapa centimeter, serta sebagai lantai kerja sebelum tukang melakukan pemasangan keramik.

Cara Menghitung Pekerjaan Screed Lantai 1

Pelapis lantai / screed ini juga terdiri dari beragam jenis. Nah, apa saja jenis screed yang perlu Anda ketahui? Silahkan lanjut membaca artikel berikut. Inilah berbagai jenis screed lantai yang bisa Anda gunakan di rumah.

Jenis – Jenis Screed

1. Screed Polimer

Screed lantai ini biasa dibuat dari perpaduan semen yang dicampur dengan pasir dan polimer sintetik. Tujuan utama penggunaan pelapisan ini ialah untuk meningkatkan kekuatan lantai.

Screed jenis polimer ini biasanya digunakan di banyak pabrik yang memerlukan alas / lantai yang kuat dan keras. Namun demikian, bukan berarti jenis screed polimer tidak dapat diaplikasikan pada bangunan rumah. Karena kenyataannya: bisa!

2. Screed Lantai Beton

Selain screed lantai, screed beton juga termasuk sejenis pelapisan yang paling sering digunakan. Setelah dilakukan pengaplikasian, screed beton ini perlu waktu yang lama. Kurang lebih sekitar 28 hari untuk bisa mengering sampai sempurna dan bisa Anda gunakan.

Untuk menggunakannya secara sempurna, Anda mungkin perlu bantuan seorang tukang atau jasa floor hardener yang berpengalaman dan handal. Ini dilakukan agar hasil screed terlihat bagus dan tahan lama / awet.

Dan ketika bekerja, seorang floor hardener akan menggunakan mesin khusus untuk membuat hasil pekerjaannya menjadi sempurna.

3. Screed Epoxy

Anda ingin mendapatkan permukaan lantai yang terlihat licin dan mengkilap (namun tetap aman), maka kamu Anda bisa menggunakan jenis screed lantai satu ini.

Screed epoxy pada umumnya banyak diaplikasikan pada pabrik-pabrik. Tapi Anda juga bisa menggunakan screed jenis epoxy ini pada lantai di rumah Anda.

Sedangkan kelebihan jenis screed ini ialah, bahwa dia memiliki ketahanan yang  lama dibanding screed jenis lain. Pun materialnya juga kuat, dan pemasangannya cepat. Dan yang jelas screed epoxy menambah keindahan rumah, dan membuat lantai lebih tahan terhadap reaksi bahan kimia.

Maka dari itu tidak heran kalau banyak pabrik lebih memilih jenis screed satu ini.

4. Screed Lantai Anhidrit

Kalau pabrik banyak menggunakan screed epoxy, beda lagi dengan bangunan komersial. Jenis screed lantai satu ini biasa digunakan pada bangunan komersil. Contohnya bandara, hotel, mal, supermarket besar dan lain-lain.

Kelebihan pelapisan jenis anhidrat ini adalah, bahwa dia mudah diaplikasikan serta lebih mempercantik tampilan lantai bangunan komersil.

Nah, hal yang perlu Anda perhatikan adalah, jika Anda ingin mengaplikasikan screed di kamar mandi, sebaiknya tidak menggunakan screed jenis ini. Sebab screed anhidrit / anhidrat ini kurang kuat jika dipakai di dalam ruangan lembab atau sering terkena air.

5. Screed Campuran

Sesuai dengan namanya, jenis screed lantai campuran ini terbuat dari penggabungan bahan campuran. Zat yang dicampur disini ialah berupa aditif, semen, filler, dan pasir silika.

Cara menggunakan screed campuran ini pun tergolong cukup mudah. Anda tinggal mencampur bahan screed dengan air lalu aduk sampai semuanya tercampur rata.

Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan screed jenis campuran ini untuk membuat lapisan sebagai media yang berfungsi untuk meratakan lantai serta sebagai penambah ketinggian lantai sebelum pemasangan keramik.

Tips Pengaplikasian

Sebelum Anda melakukan screeding pada lantai, Anda mesti memperhatikan beberapa hal berikut ini, supaya hasil screed jadi lebih maksimal:

1. Bersihkan Permukaan Lantai Anda

Sebelum menggunakan pelapis lantai jenis apapun, sebaiknya Anda memastikan bahwa lantai dalam keadaan bersih, bebas dari noda apalagi kotoran yang kering dan menempel.

2. Hindari Melakukan Pekerjaan saat Siang Hari

Selain panas, ketika siang hari, sinar matahari yang terik akan menyinari lantai yang Anda kerjakan. Cahaya matahari itu akan membuat lantai yang Anda aplikasikan screed menjadi lebih cepat kering.

Padahal, proses pelapisan harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum semuanya dikeringkan. Oleh sebab itu, sebaiknya pengerjaan screeding dilakukan ketika cuaca tidak terlalu panas, atau pada malam hari, dengan penerangan yang cukup.

3. Lantai yang Diratakan Sudah Mengeras

Khusus untuk Anda yang ingin mengaplikasikan screeding lantai untuk meratakan lantai, pastikanlah permukaan lantai sudah dalam keadaan keras. Sehingga lantai tersebut siap untuk diratakan dengan screed pilihan Anda

Cara Menghitung Pekerjaan Screed Lantai

Sebelum Anda melakukan pemasangan kebutuhan lantai guna menyamakan level semua lantai di apartemen atau rumah, sebaiknya hitung dulu berapa jumlah screed yang Anda butuhkan. Penghitungan ini sangat diperlukan supaya Anda bisa menghemat lebih banyak biaya dan material yang Anda beli tidak terbuang begitu saja.

Baca Juga  Motif dan Harga Keramik Ukuran 40x40 Berbagai Merk Update

Untuk cara menghitung pekerjaan screed lantai bisa Anda lakukan secara online dengan kalkulator yang disediakan beberapa website. Namun tentu saja, selain secara online, Anda juga bisa melakukan perhitungan ini secara manual.

Ini dia caranya. Cara menghitung berapa jumlah screed yang diperlukan untuk lantai bisa menggunakan rumus atau solusi ini:

S × h = V

Dimana,

· S – luas lantai yang akan diaplikasikan screed;

· H – tinggi lapisan screed yang Anda inginkan;

· V – volume larutan yang Anda butuhkan.

Dengan rumus di atas, Anda dapat menghitung volume kering campuran yang Anda butuhkan. 

Sedangkan poin – poin penting dalam menghitung volume yang Anda butuhkan untuk screed ialah sebagai berikut. Pastikan bahwa volume larutan semen, pasir dan air tidak melebihi dari jumlah total semua bahan. 

Rumus menghitung pekerjaan screed memang jarang dibahas di forum atau web dalam negeri. Ini karena para tukang biasanya mengandalkan penggaris dan waterpass sebagai alat pembantu ketika proses screeding. Dan jumlah screed yang mereka perlukan adalah sebanyak yang mereka butuhkan.

Namun demikian, tentunya yang paling baik adalah Anda berkonsultasi dulu kepada para tukang bangunan atau mandor yang berpengalaman. Agar Anda tidak perlu repot lagi memikirkan rumus untuk screed lantai, guna meratakan atau memperindah bangunan Anda. terlepas itu bangunan komersil atau pribadi.

Kesimpulan

Proses screed sangat penting sebab dengan screeding, Anda mendapatkan lantai yang indah dan kuat. Selain itu, screeding mampu meratakan semua lantai di tempat hunian dan komersial Anda.

Cara menghitung pekerjaan screed lantai mungkin bukan rumus yang lazim dicari. Namun tentunya Anda bisa langsung bertanya kepada yang sudah mengerti tentang persoalan screeding. Dengan bertanya kepada ahlinya, Anda akan mengetahui bagaimana, apa dan berapa screed yang diperlukan untuk membenahi lantai. Akhirnya, terimakasih sudah membaca dan selamat menikmati konten kami yang lain! Baca juga artikel tentang keramik batu alam dan keramik untuk meja dapur di plafon.id.

error: Content is protected !!
Scroll to Top