Serba-Serbi Kayu Jati Belanda : Fakta, Kelebihan & Kekurangannya

Kayu ini memiliki corak yang khas, hanya dengan melihatnya, sudah pasti kamu tahu kalau nama kayu ini adalah kayu jati belanda. Jenis kayu ini, sangat banyak diminati lantaran memiliki corak yang cukup cantik serta memiliki permukaan yang halus. Bisa dikatakan, kayu ini merupakan salah satu yang menjadi primadona di dunia perkayuan.

Di Indonesia, jenis kayu ini hanya dikenal dengan jati belanda. Ini terjadi lantaran dalam sejarahnya, kayu ini seringkali digunakan sebagai kayu palet untuk mengemas barang-barang yang dikirim dari luar negeri. 

Akan tetapi, ada beberapa kekurangan dan juga kelebihan dari kayu ini. Sekaligus, di sampingnya ada beragam fakta menarik yang penting untuk kamu ketahui. 

Apa Itu Kayu Jati Belanda?

Sebenarnya jati belanda merupakan kayu yang berasal dari bekas kayu kemas yang biasanya ditemukan dalam industri logistik. Biasanya, kayu ini dibuat sebagai bahan furniture jati belanda seperti produk dari mebel dan perlengkapan kantor dan juga kafe. 

Selain untuk perlengkapan furnitur, kerajinan kayu jati belanda yang dibuat menjadi jam dinding, asbak, kalender kayu, tempat menyimpan perangkat smartphone, dan lain sebagainya. 

Kayu Jati Belanda
source: dekoruma.com

Fakta Menarik

1. Tidak Mutlak Berasal dari Belanda

Walaupun nama kayu ini adalah kayu jati Belanda, tapi nyatanya asal kayu ini tidak hanya berasal dari Belanda saja. Sebutan Belanda dalam kayu ini, hanya sebagai tanda bahwa ia merupakan kayu hasil impor dari luar negeri. 

Dulu, masyarakat Indonesia seringkali mengasosiasikan negara-negara dari luar negeri hanya dengan Belanda saja. Padahal, kayu ini tidak secara mutlak berasal dari Belanda. Kayu ini, bisa juga diimpor selain dari negara Belanda yakni dari Jepang dan juga Jerman.

2.  Bukan Kayu Jati Asli

Kayu ini, namanya saja yang menggunakan jati. Tapi, ia bukan kayu jati asli, melainkan berasal dari pohon pinus atau biasa dikenal dengan pinewood. Nah, pinewood inilah yang oleh orang-orang seringkali disebut sebagai pohon jati belanda.

Pohon kayu jati belanda memiliki kekhasannya sendiri seperti jauh lebih lunak jika dibandingkan dengan jenis kayu lain yang biasanya digunakan. Maka tak heran, kalau ia banyak digunakan sebagai bahan kerajinan, furnitur, dan beberapa jenis produk lainnya. 

Selain lunak, kayu ini juga memiliki tingkat resisten yang tinggi terhadap guncangan maupun benturan. Seringkali, kayu ini dijadikan bahan untuk membuat peti kemas untuk melindungi beragam barang yang mungkin tidak terlalu tahan terhadap benturan dan juga rentan pecah. Dan hingga saat ini, kayu ini dikenal dengan daya tahannya. 

3. Memiliki Banyak Julukan

Fakta ketiga, kayu ini punya ragam julukan. Salah satunya, kayu ini disebut dengan kayu jati londo oleh orang Jawa. Londo merupakan bahasa atau istilah Jawa untuk negara Belanda. Selain disebut dengan jati londo, kayu ini sering juga dikenal dengan sebutan kayu palet. 

4. Fungsi yang Beragam

Seperti yang dikatakan di awal, jenis kayu ini memiliki banyak kegunaan. Untuk di dunia perkayuan, biasanya kayu ini digunakan sebagai bahan utama saat membuat furnitur seperti meja-kuris di kafe dan juga kantor, dibuat rak buku, rak dinding, dan lain sebagainya. 

Kayu ini juga sering menjadi pilihan utama sebagai furnitur pada desain interior rumah. Ini terjadi lantaran kayu ini memiliki  guratan garis serat kayu jati yang alami serta menambah kesan natural sesaat setelah dilakukan finishing. 

Selain untuk furnitur, masih ada banyak kegunaan dan fungsi dari kayu ini. Ada yang menggunakannya sebagai jendela rumah, kerajinan, dan juga aksesoris interior. Maka tak heran, jika kayu ini sangat digemari oleh banyak orang. 

Karakteristik 

Ada sekian karakter yang membedakan kayu jati ini dengan kayu lainnya. Berikut ada beberapa karakter yang bisa ditemukan pada kayu jati ini :

1. Memiliki warna yang lebih cerah

Pada umumnya, kayu ini lebih cerah daripada warna kayu lain. Kayu ini memiliki kombinasi warna antara warna krem, kuning muda, dan juga merah kecoklatan. Inilah yang membuat kayu ini menjadi punya kesan alami saat dijadikan bahan dasar dari beberapa produk olahannya. 

2. Memiliki serat kayu yang halus

Selain warna yang lebih cerah, kayu ini juga punya serat kayu yang unik. Serat kayu yang dimiliki, sangat halus dan juga cantik. Ini sanga berguna jika kayu jati londo dijadikan bahan dasar furnitur. Selain sudah memiliki keindahan natural, dalam proses pembuatannya juga tidak memerlukan proses mengamplas yang berlebihan. 

Apalagi jika umur kayu ini sangat tua. Semakin tua umur kayu jati londo, maka ia akan memiliki garis guratan alami dan akan memiliki nuansa antik yang semakin indah. Jika masih penasaran dengan keindahannya, berikut ini akan disediakan gambar pohon jati belanda yang sangat indah:

Kelebihan Kayu Jati Belanda

Setelah mengetahui beragam fakta menarik mengenai kayu jati belanda, kamu juga harus mengetahui apa yang menjadi kelebihan dari kayu ini sehingga banyak yang mencari dan menjadi peminatnya. 

Berikut ini adalah beragam kelebihan dari jati belanda :

1. Harganya lebih murah

Pohon jati londo atau pinus sendiri, merupakan pohon yang pertumbuhannya lebih cepat daripada pohon yang lainnya. Selain itu, pohon pinus juga tak butuh musim, tempat, ataupun syarat khusus untuk bisa lebih cepat tumbuh. Tak heran, kalau pohon ini ada yang menyebutkan banyak tumbuh di New Zealand, Asia, dan juga Amerika. 

Di Indonesia pun sangat mudah untuk menemukan pohon pinus ini. Khususnya di daerah Sumatera. Jenis pinus yang ada di sana adalah pinus Tusam atau juga biasa disebut dengan pinus Merkusi yang kayuya disebut dengan kayu jati londo. 

Baca Juga  Plafon Ruang Tamu untuk Kesan Unik dan Menarik: Ide, Bahan dan Tips

Lantaran kayunya yang mudah tumbuh, ketersediaannya dipasar jelas sangat melimpah. Saat produk melimpah di pasaran, maka harga dari produk tersebut tidak akan semahal produk sejenis dengan tingkat kelangkaan yang tinggi. Kabarnya, dibandingkan dengan kayu jati yang asli, harga jati londo hanya sepertiganya. 

2. Warna yang mudah di mix-match 

Selain murah, jati londo juga memiliki kelebihan lain, yakni warna dasar dari kayu tersebut sangat menarik. Maka, kamu tak perlu melakukan proses pengecatan atau memolesnya dengan berlebihan. Dibiarkan dengan warna aslinya pun sudah cukup untuk memperindah suatu tempat maupun ruangan

Kayu ini juga memiliki warna yang natural dengan guratan garis yang sangat indah. Jadi, tidak masalah walaupun dikombinasikan dan dicampur dengan warna perabot, alat, atau furnitur lainnya.

3. Ringan 

Kelebihan ketiga, adalah bobot dari kayu jati ini. Banyak orang yang menggemarinya lantaran bobot yang dimiliki lebih ringan dibandingkan dengan barang-barang yang terbuat dari kayu lain. Maka dari itu, kayu ini sangat cocok untuk dijadikan furnitur dan membuatnya lebih mudah untuk dipindah-pindah dan mudah untuk diatur ulang. 

4. Tahan benturan

Kayu jati ini juga dikenal memiliki ketahanan terhadap guncangan dan juga memiliki tingkat resistensi tinggi terhadap benturan. Jika kayu ini dijadikan sebagai furnitur, bahan mebel, kerajinan, atau produk lainnya, ia akan minim kerusakan. 

5. Menjaga stabilitas jenis kayu langka

Sangat banyak produk yang ada di dunia ini yang berbahan dasar kayu. Bahkan beberapa jenis kayu sebagai bahan produksi, ketersediaannya bisa dikatakan langka. Dan saat ini, sudah banyak yang berhenti menggunakan kayu tertentu untuk dijadikan perabot rumah tangga dengan mendasarkan diri pada upaya menjaga kelestarian lingkungan. 

Kayu yang langka, biasanya memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat. Jika ditebangi terus-terusan, ditakutkan akan terjadi bencana lingkungan.Penggunaan kayu londo, sangat bermanfaat untuk menjaganya. Sebab pohon dari kayu jati belanda, sangat mudah untuk tumbuh dan ketersediaannya memang sangat melimpah. 

6. Tidak menyusut dan membengkak

Seiring berjalannya waktu, biasanya kayu akan mengalami penyusutan dan juga pembengkakan. Ini terjadi lantaran tingkat kelembapan dan juga suhu. Akan tetapi, ini tidak terjadi pada kayu jati londo. Ia bisa tetap pada bentuk aslinya walaupun sudah digunakan dalam waktu lama karena tingkat penyusutan dan pembengkakannya minim. 

7. Tahan terhadap hama kayu

Yang sering menjadi masalah pada furnitur adalah tidak tahan terhadap hama yang menggerogoti kayu. Akan tetapi, hal ini tidak tejadi pada kayu jati londo. Ini terjadi lantaran jenis kayunya yang bergetah. Dan serangga maupun hama kayu, tidak menyukai getah kayu pinus.

Kekurangan Kayu Jati Belanda

Walaupun kayu jati ini memiliki beragam kelebihan, tentu juga masih ada kekurangannya. Walaupun demikian, kelebihan kayu jati ini masih lebih banyak dibanding dengan kekurangannya. Berikut ini beberapa kekurangannya :

1. Kandungan getahnya sangat tinggi

Walaupun getah jati belanda melindunginya dari hama, getah tersebut sekaligus menjadi kekurangannya. Kayu jati belanda, memiliki kandungan minyak dan juga kandungan getah yang tinggi. Ini yang seringkali menyebabkan bahan saat finishing tidak menempel dengan sempurna. 

Tidak hanya bahan finishing, lem perekat kayu juga tidak akan menempel dengan sempurna jika dalam sambungan yang ada pada kayu masih ada getahnya. Akan tetapi, hal ini masih bisa diminimalisir dengan memastikan getah yang ada dalam kayu sudah kering terlebih dahulu. Nantinya, hasil yang didapatkan bakal sempurna. 

2.  Butuh perawatan lebih

Tidak seperti kayu lainnya, kayu ini membutuhkan tingkat perawatan yang ekstra. Ini terjadi kalau kayu ini sudah digunakan cukup lama, serat alaminya akan berkurang. Untuk mengembalikan serat alaminya, perlu dilakukan pemolesan ulang dan perawatan lain yang bisa menjaganya. 

3. Berpotensi memiliki lubang yang berlebihan

Ini bisa saja terjadi saat proses melubangi kayu untuk sambungan. Jika  dalam furnitur yang berbahan dasar jati londo punya banyak sambungan, maka potensi terjadinya lubang yang membuat kualitas produknya jadi rendah sangat besar. Maka dari itu, sebelum membelinya, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu terkait sambungan yang dibuat di dalamnya. 

4. Memiliki fleksibilitas rendah perihal gaya

Memang, kayu jati ini cocok untuk digabungkan dan dibuat dengan beragam gaya. Akan tetapi, gaya utama yang dimilikinya lebih condong ke gaya maupun tampilan pedesaan. Ini tentu tidak cocok jika kamu lebih menyukai gaya interior dan furnitur modern. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu kayu jati londo, fakta, karakteristik, dan juga kelebihan-kekurangan, dari kayu jenis ini. Semoga bermanfaat!