Keramik Lantai Dapur Tidak Licin, Solusi Dapur Nyaman dan Bersih

Memiliki dapur yang nyaman adalah salah satu hal penting. Bukan hanya desainnya saja, tapi juga pemilihan keramik lantai dapur tidak licin yang tepat, terutama buat Anda yang hobi masak,. Supaya saat beraktivitas tidak akan terpeleset dan lantai lebih mudah dibersihkan.

Lantai keramik, memang banyak dipilih untuk area dapur. Karena banyak pilihan model dengan harga terjangkau. Baik itu untuk desain dapur minimalis sampai modern. Anda mau coba pakai keramik untuk lantai dapur? Wajib simak dulu informasi berikut ini.

Model Keramik Lantai Dapur Tidak Licin

Banyak model dan contoh keramik lantai dapur dari keramik lantai dapur yang bisa dipilih, masing-masing punya ciri khas yang membuatnya berbeda. Anda bisa mencari yang sesuai dengan konsep dapur yang ingin ditonjolkan. Beberapa model berikut, adalah referensi untuk berbagai konsep dapur.

  • Minimalis

Model minimalis mengusung perpaduan warna netral yang tidak mengandung banyak motif. Ada yang berbentuk persegi berwarna coklat muda, yang merupakan salah satu warna natural yang memberi kesan nyaman sekaligus membuat ruangan tidak terlihat kotor.

Model Keramik Lantai Dapur Tidak Licin

Ada juga model segi enam, dengan motif sparkling memadukan warna gelap dan terang secara bersamaan untuk menampilkan kesan minimalis modern yang maksimal.

  • Modern

Keramik modern memiliki model yang lebih mewah dan biasanya motif abstrak merupakan salah satu yang diandalkan. Baik itu yang berbentuk persegi, segi enam, delapan, hingga sebuah puzzle yang akan membentuk gambar desain tertentu pada lantai dapur.

Keramik Lantai Dapur Tidak Licin
keramik lantai dapur modern

Contoh, puzzle motif lukisan tertentu yang direpresentasikan pada keramik lantai dapur.

  • Klasik

Kalau mau model klasik, biasanya berbentuk persegi dan warnanya hanya satu tanpa kolaborasi dengan warna lain. Hanya saja terdapat motif tertentu di dalamnya, sebagai penegas warna tersebut.

keramik lantai dapur klasik

Ada yang memadukannya dengan keramik ukuran kecil sehingga membentuk motif tertentu pada lantai dapur.

  • Natural

Model ini mengusung kesan alami, seperti model persegi dengan motif kayu untuk memberi kesan sejuk pada area dapur. Model ini juga bisa diaplikasikan serupa pada lantai, dinding, hingga kitchen set.

keramik lantai dapur natural

Untuk warna keramik lantai dapur natural alami lainnya adalah hijau, sehingga area dapur seperti area hutan yang menonjolkan kesan adem sekaligus alami. Ada pilihan model persegi atau puzzle berbentuk desain tertentu, dengan memadukan warna hijau dan putih dan warna natural lainnya.

  • Industrial

Untuk dapur dengan konsep industrial, lantai keramik pada area dapur yang tidak licin memang banyak dipilih. Modelnya, kebanyakan persegi dengan ukuran besar dengan warna abu-abu kusam hingga warna abu-abu metalik. Sehingga kesan industrial yang ingin ditampilkan terlihat sangat kental.

Keramik Lantai Dapur Tidak Licin industrial
Keramik Lantai Dapur

Model ini, sangat cocok jika dipadukan dengan kitchen set berbahan besi dan keramik dengan warna senada dengan lantai. Termasuk ketika Anda mau memanfaatkan berbagai barang bekas sebagai bagian dari area dapur, dengan lantai model kasar dan motif abstrak akan menyempurnakan kesan industrial tersebut.

  • Vintage

Model ini akan mengedepankan desain-desain motif yang sudah familiar sejak zaman dahulu. Misalnya motif gaya Eropa tahun 1800 an yang mengedepankan warna gold dengan motif kaku namun punya nilai seni tinggi.

Keramik Lantai Dapur Tidak Licin vintage

Ada juga motif vintage lain yang mengedepankan motif-motif Timur Tengah, yang sering diaplikasikan pada bangunan-bangunan bersejarah. Dimana modelnya sangat variatif dan warna yang lebih cerah dan kompleks.

Keramik Lantai Dapur Minimalis dan Tidak Licin

Lebih spesifik untuk lantai keramik minimalis dan keramik lantai dapur terbaru, Anda akan menemukan beberapa kriteria dan referensi pada penjelasan berikut. Sehingga saat menentukan model yang akan diaplikasikan pada lantai dapur, akan lebih leluasa dan puas dengan hasilnya.

Karakteristik Lantai Dapur Minimalis

Ada beberapa karakteristik dari lantai dapur minimalis, yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli.

  1. Bentuk biasanya persegi, bulat, atau berupa pecahan abstrak yang dibuat membentuk sebuah desain abstrak.
  2. Permukaannya terdiri dari dua jenis, ada yang licin karena diberi lapisan kilap yang akan meminimalisir debu menempel. Ada juga yang memiliki tekstur kasar, cocok untuk dapur kotor supaya gerakan Anda saat beraktivitas tidak terganggu hanya karena terpeleset di lantai licin.
  3. Ketahanan dari keramik di area dapur cukup maksimal, tergantung pada seberapa sering diinjak, dibersihkan, dan barang apa saja yang ditempatkan di atas lantai tersebut.

Ketika Anda merawatnya dengan maksimal, maka ketahanannya akan mencapai tahunan sehingga tak perlu biaya perawatan berkala hanya untuk mengganti bagian keramik yang

  1. Harga sangat variatif, tergantung model, motif, dan ukuran dari keramik yang dipilih. Anda punya kebebasan memilih, sesuai dengan anggaran yang tersedia.
  2. Mudah dibersihkan adalah karakteristik yang sangat penting, apalagi kalau mau diaplikasikan pada ruang dapur kotor. Tumpahan minyak, makanan, hingga sampah bisa saja terjadi tiap hari. Dengan kemudahan pembersihan keramik, bisa menghindari noda bandel yang menempel pada keramik untuk waktu lama.

Referensi Model dan Motif Lain

Buat Anda yang sejauh ini masih bingung soal motif utama yang mau dijadikan motif lantai keramik dapur, ada beberapa referensi yang bisa dipilih. Diantaranya adalah:

  • Mosaik Warna Cerah

Model mozaik masih sangat disukai saat ini, ada perpaduan motif tertentu yang dijadikan satu dalam sebuah model. Sehingga terlihat full colour dan motif, mulai dari perpaduan warna cerah hingga warna-warna pastel.

Sangat cocok untuk dapur yang memiliki konsep modern dinamis, hingga konsep klasik dengan warna-warna floral yang indah.

Anda bisa menggunakan referensi ini untuk dapur kotor yang selalu dikunjungi setiap hari. Dengan model mosaik, bisa menjadi mood booster saat memasak dimana Anda bisa menemukan ide-ide masak karena adanya desain ruangan yang cerah.

  • Model Kayu Warna Gradasi Coklat
Baca Juga  10 Desain Kamar Mandi Bathtub Yang Bikin Betah di Kamar Mandi

Kalau ingin mengedepankan kesan bersih dan adem sekaligus, Anda bisa memadukan desain dapur warna putih, krem, atau warna pastel lainnya dengan lantai keramik model kayu. Ada banyak motif yang disediakan, kebanyakan orang memilih motif kayu berserat untuk memberikan kesan adem maksimal.

Bentuk dan ukurannya juga bisa disesuaikan dengan model kayu yang diinginkan. Ada yang berbentuk persegi panjang dan mirip motif karpet tile, yaitu salah satu jenis karpet populer saat ini.

Ada juga yang berbentuk persegi dengan desain kayu yang juga tidak kalah menarik. Hanya saja, dari segi nilai seni dan artistiknya akan sedikit berkurang.

  • Diamond Tiles Warna Elegan Silver Hingga Biru

Lantai dengan model diamond tiles juga tak kalah menarik untuk lantai dapur minimalis. Tinggal memastikan saja konsep minimalis terlihat dari komponen lainnya, seperti dinding, kitchen set dengan warna-warna senada dengan lantai.

Model ini, memberikan desain unik karena untuk memasang keramik dibuat dengan pola ke samping dan bukan lurus ke atas atau ke bawah. Alhasil, kesan diamond yang ingin ditonjolkan bisa didapat.

Pilihan warna yang cocok untuk model diamond ini adalah silver hingga biru tua, untuk mengedepankan kesan elegan di area dapur Anda.

  • Penny Tiles

Lain lagi dengan model ini, yang memberi kesan antik dan unik untuk dapur minimalis Anda. Dimana motifnya berbentuk heksagonal ukuran kecil, lalu keramik tersebut dipasang teratur dari atas sampai bawah.

  • Polos

Siapa bilang model dan motif polos keramik tidak cocok untuk dapur minimalis? Sangat cocok dan bisa menampilkan kesan bersih yang sangat maksimal, ditambah pula untuk membersihkannya akan lebih mudah. Karena, kotoran dan noda akan mudah terlihat di permukaan polos.

Pilihan warna untuk model ini juga sangat banyak, tergantung konsep dapur dan perpaduan warna yang sudah ada pada bagian dinding termasuk kitchen set pilihan Anda. Sehingga keramik lantai dapur minimalis terbaru yang dipilih benar-benar tepat.

  • Monochrome

Model ini mengedepankan dua warna netral yaitu hitam dan putih dalam sebuah pola motif unik. Ada yang hanya berbentuk persegi hitam dan putih, namun ada juga yang berbentuk desain tertentu dengan mengandalkan dua warna saja.

Model monochrome ini sangat disukai untuk menyempurnakan rumah-rumah minimalis. Kesan sederhana yang ditonjolkan akan sangat terlihat, apalagi di area dapur akan terlihat eksklusif ketika Anda memilih model ini.

  • Printed

Merupakan model dari lantai yang sudah diprint dengan alat khusus sehingga memiliki motif yang tidak bisa diubah. Jadi, Anda tinggal pasal keramik dengan motif yang dipilih. Pastikan saja motifnya tidak berbeda jauh dari konsep ruangan dapur, hingga warna-warna utama yang sudah diterapkan pada ruangan.

Agar tetap terlihat kolaborasi menarik antara dinding, meja, lemari, dan lantai dapur favorit Anda.

  • Slate

Model keramik yang satu ini mengusung material dari batu alam, sehingga warna yang ditonjolkan antara lain hitam, abu-abu hingga coklat. Akan terlihat sebuah desain abstrak alami ketika Anda memilih model ini, sehingga dapur bisa terlihat lebih mewah dan nyaman.

Harga Keramik Lantai Dapur

Bagaimana dengan harga dari keramik lantai dapur yang ingin Anda beli? Ternyata rentang harganya tidak terlalu mahal. Tergantung pada beberapa hal, yaitu ukurannya apakah Anda memilih ukuran 20 x 20 cm atau yang paling besar yaitu 50×50 cm.

Hal lain yang menentukan harga keramik dapur adalah, material pembuatan keramik. Semakin mahal material yang digunakan akan makin mahal. Contoh, untuk material marmer akan berbeda harganya dengan keramik bermaterial batu alam.

Selanjutnya juga ditentukan oleh jumlah yang akan dibeli, ini ditentukan dengan pengukuran sebelum Anda membeli keramik tersebut. Proses ukur lantai dapur harus dilakukan dengan teliti, supaya jumlah keramik yang dibeli tidak kurang ataupun berlebih.

Tips Memilih Lantai Keramik Dapur

Untuk bisa menentukan jenis keramik, untuk lantai dapur minimalis hingga modern yang tidak licin dan memiliki model terbaik diaplikasikan pada lantai dapur. Anda perlu menerapkan sejumlah tips berikut Supaya saat sudah terpasang, bisa membuat ruang dapur terlihat sempurna, nyaman, dan tentunya mudah dibersihkan.

Sama halnya saat akan memilih, granit lantai dapur yang tidak licin yang juga banyak dijadikan pilihan.

  • Pastikan untuk memastikan konsep ruangan terlebih dahulu, supaya model dan motif keramik yang dipilih bisa sesuai dengan konsep tersebut.
  • Pastikan juga perpaduan warna antara dinding, kitchen set dan lantai menyatu dengan baik. Bukan berarti harus seragam, namun senada dan mampu memberikan sebuah kesan tersendiri.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diketahui, tentang keramik lantai dapur tidak licin hingga trik untuk membeli model yang tepat. Anda mau berbelanja keramik sekarang? Pastikan memilih yang terbaik dan bisa memaksimalkan kesan nyaman di area dapur tersebut.