Keramik Teras Rumah: Ide, Tips Memilih dan Cara Merawatnya

Keramik teras rumah yang ditampilkan di halaman depan rumah biasanya jenisnya berbeda dengan lantai yang diterapkan di dalam rumah. Karena teras adalah wajah dari pemilik rumah, maka sang pemilik tidak lupa untuk membuat tampilan teras menjadi lebih eye catching. Sang pemilik juga pastinya menempatkan perabotan maupun hiasan-hiasan menarik di teras tersebut.

Ragam Keramik Teras Rumah Beserta Tips Memilih dan Merawatnya

Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa variasi model keramik lantai teras depan rumah minimalis, yang tentunya bisa kamu jadikan inspirasi. Pastinya model-model keramik tersebut sangat cocok untuk semua tampilan rumah dan akan membuat teras jadi lebih cantik dan Cozy. Mau tahu apa saja? Yuk lihat berikut ini!

7 Ragam model keramik teras

  • Model keramik dengan konsep monokrom

Jika kamu ingin menampilkan rumah kekinian yang damai dan tenang, cobalah memiliki keramik dengan konsep warna hitam putih atau monokrom. Selain mempresentasikan ketenangan, warna monokrom juga menghadirkan rumah yang sederhana namun tetap mewah.

Keramik Teras Rumah

Monokrom adalah palette warna yang di dalam rangkaian garis warnanya menghadirkan satu warna, yang membuat warna menjadi seragam. Agar lebih terlihat elegan, kamu bisa memilih keramik yang berpola kotak teratur atau pola diagonal. Supaya lebih hidup tambahkan sesuatu yang kontras dari warna keramiknya, seperti tanaman berwarna hijau.

  • Lantai keramik dari bebatuan alami

Lantai yang berasal dari bebatuan alami akan menampilkan kesan homey di desain teras depan maupun belakang rumah. Untuk memilih warna keramiknya, kamu bisa menyesuaikan dengan mengikuti pola yang diinginkan.

Lantai Keramik Teras Rumah dari bebatuan alami

Misalnya saja jika kamu menginginkan suasana yang nautical. Untuk dekorasinya, kamu bisa menambahkan berbagai jenis tanaman hias dan beberapa pot bunga kecil di sekitar rumah guna memberikan kesegaran di teras.

  • Untuk teras yang cozy, gunakan keramik jenis tile

Keramik jenis tile, Salah satu jenis keramik teras depan rumah minimalis yang populer ini adalah jenis keramik outdoor, sehingga cocok untuk diaplikasikan di teras depan rumah. Namun, ada juga yang mengaplikasikan keramik ini di sebagai lantai dapur atau kamar mandi.

Keramik Teras Rumah jenis tile

Jenis lantai tiruan granit terkuat ini, menghadirkan banyak variasi corak dan warna yang beragam. Jadi, kamu bisa memadupadankan perabotan dan dekorasi lainnya, seperti tanaman hias atau bantalan. Bisa juga menambahkan coffee table untuk bersantai sembari meminum kopi, atau jika ingin beristirahat sembari menikmati waktu sore di teras, kamu juga bisa menambahkan hammock.

  • Lantai keramik dari batu palimanan

Batu jenis palimanan merupakan salah satu bebatuan alami yang sangat cocok digunakan sebagai lantai depan rumah. Untuk memberikan kesan harmoni dan nyaman pada penghuni rumah, tambahkan perapian kecil yang diletakkan di sekitar teras, di mana warnanya senada dengan warna keramik itu sendiri.

Lantai Keramik Teras Rumah dari batu palimanan

Jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa ornamen lainnya, seperti bantalan pada kursi yang diletakkan di teras rumah kamu. Selain itu agar terlihat lebih manis, tidak lupa juga untuk menaruh karpet permadani di bawah kursi tersebut.

  • Keramik all black tile.

Jika udara di lingkungan rumahmu memiliki suhu yang panas, kamu bisa menggunakan keramik dari batu marmer dan bebatuan alami lainnya dengan mengusung konsep all black. Dengan begitu, suasana rumahmu akan menjadi lebih sejuk dan kamu bisa menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman di teras rumah tanpa merasa kepanasan kembali.

Model Keramik teras all black tile
  • Lantai keramik dengan memakai konsep etnik

Keramik yang mengusung konsep etnik atau vintage, akan membuat tampilan teras rumahmu terasa lebih nyaman, modern, dan elegan. Kamu tidak perlu memikirkan corak lantai yang khusus jika ingin mengusung konsep vintage. Kamu hanya perlu memadupadankannya dengan perabotan yang diletakkan di teras. Contohnya saja kamu bisa mengubah fungsi kabinet menjadi sebuah kursi, lalu diberikan bantalan kecil yang warnanya selaras dengan lantai keramik tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan lantai teras dengan dinding yang berada di teras rumah.

keramik dengan memakai konsep etnik
  • Lantai keramik shabby chic dengan corak berwarna-warni

Salah satu lantai untuk teras yang saat ini menjadi tren adalah lantai shabby chic. Warna-warna pastel dan lembut seperti pink, hijau muda, hingga putih sangat kental dengan jenis lantai ini. Dengan demikian akan menampilkan kesan teras yang modern dan menyenangkan.

Model Keramik teras shabby chic

Kamu bisa mengkombinasikan lantai ini dengan motif keramik lantai teras minimalis berwarna-warni. Untuk mengaplikasikannya, pastinya kamu perlu menaruh beberapa sofa dengan warna yang polos untuk mengoptimalkan tampilan teras rumahmu.

Tips memilih model keramik teras depan rumah

Walaupun keramik juga bisa dipakai untuk lantai, tetapi kita harus benar-benar teliti dalam memilihnya. Karena lantai yang digunakan setiap ruangan memiliki teksturnya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih keramik teras depan rumah.

  • Ukuran keramik

Dalam memilih ukuran keramik, pastinya kamu harus menyesuaikan dengan ukuran lahan yang ditempati. Untuk teras yang berukuran kecil, pakailah lantai yang berukuran 30 x 30 cm. Sedangkan untuk teras yang berukuran besar, pakailah lantai yang berukuran 40 x 40 cm atau 60 x 60 cm. Dengan memilih ukuran yang sesuai, justru tampilan terasmu terlihat semakin lega dan luas.

  • Warna keramik

Untuk menampilkan teras rumah dengan suasana yang lebih segar, tentunya kamu harus mengkombinasikan warna-warna cerah, seperti kuning, pink hijau muda, serta warna-warna cerah lainnya.

Kemudian gabungkan warna-warna tersebut dengan warna putih, guna untuk mempercantik setiap detail yang ada. warna keramik lantai teras tersebut tentunya bersifat fleksibel, artinya bisa diaplikasikan di teras yang berukuran kecil hingga besar. Selain itu agar tidak terlihat berlebihan, perhatikan juga penggunaan warna tembok dan furnitur yang diletakkan di teras rumah. Dengan demikian, tampilan teras rumah kamu tetap terlihat menarik.

  • Tekstur keramik
Baca Juga  5 Ide Desain Ruang Resepsionis Kantor yang Memikat Pengunjung

Keramik dengan tekstur yang kasar sangat cocok digunakan di teras depan rumah. Mengapa demikian? Karena teras merupakan bagian rumah yang paling banyak terkena cahaya matahari dan aliran air hujan secara langsung. Tidak hanya itu, karena teksturnya kasar membuat lantai ini tidak licin. Jadi siapa saja yang melewatinya dalam kondisi lantai yang basah, risiko terpeleset jadi mengecil.

  • Corak keramik

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan yaitu menentukan corak atau motif keramik. Keramik yang polos atau keramik yang diberi motif batuan alami adalah model keramik yang sering dipakai setiap orang untuk lantai teras rumah mereka. Hal itu karena keramik yang memiliki motif batuan alami akan membuat suasana teras terlihat semakin natural.

Cara merawat keramik teras depan yang kasar

Adapun cara merawat keramik lantai teras sama halnya dengan merawat jenis lantai lain. Cara merawatnya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan bahan-bahan yang ribet. Untuk merawatnya adalah sebagai berikut.

  • Disikat secara rutin

Cara pertama untuk membuat keramik kembali menjadi bersih adalah dengan menyikatnya secara rutin dan berkala, setidaknya 3 kali dalam satu minggu. Untuk menyikat keramik yang kasar, sebaiknya gunakan sikat dari bahan nylon. Jangan lupa juga untuk mencampurkannya dengan cairan pembersih. Pastikan setelah disikat, dibilas dahulu dengan air bersih, supaya sisa-sisa pembersihnya tidak tertinggal di permukaan lantai.

  • Lantai harus rutin disapu

Kotoran dan pasir yang mengering menjadi salah satu faktor permukaan keramik mudah kasar. Oleh sebab itu, jika terdapat pasir atau kotoran di lantai segeralah untuk menyapunya. Apabila lantai selalu disapu, maka keramik tidak akan ditutupi kotoran yang membuat permukaannya jadi kasar.

  • Jangan lupa juga untuk dipel

Selain harus rajin disapu, lantai juga harus dipel setelah disapu. Hal ini supaya lantai tetap terjaga kilauannya. Perlu kamu ingat bahwa ketika ingin mengepel sebaiknya jangan memakai cairan pembersih lantai. Sebab, jika memakai cairan pembersih tersebut justru akan membuat lantai menjadi lengket, ditambah lagi dengan kotoran yang mudah menempel di lantai. Maka dari itu, supaya lebih efisien disarankan untuk menggunakan kain pel dengan memiliki daya serap yang tinggi.

Pastikan ketika ingin pindah ruangan, kamu harus mengganti airnya ke air yang baru. Jika air dibiarkan kotor begitu saja, keramik di ruangan lain akan tercemar dan berpengaruh pada teksturnya yang semakin bertambah kasar.

  • Memilih kain yang lembut.

Karena permukaan keramik lumayan kasar, sebaiknya jika ingin membersihkannya pakai kain yang teksturnya lembut dan tidak abrasif. Jangan pernah memakai kain yang kasar, karena hal itu justru akan menimbulkan goresan pada permukaan keramik. Jadi, jika disentuh akan semakin kasar permukaannya.

Adapun bila tidak ada kain halus dan terpaksa memakai kain kasar, disarankan untuk mengelapnya jangan ditekan terlalu kuat. Karena jika ditekan terlalu kuat, akan menimbulkan goresan yang lebih dalam lagi pada permukaan lantai. Maka dari itu, agar lantai keramik tetap terjaga keawetannya sebaiknya pakailah kain yang lembut.

  • Jangan memakai sabun pembersih lantai yang kandungan asamnya tinggi

Walaupun sabun pembersih sangat ampuh menghilangkan kotoran yang menempel di lantai, tetapi harus diperhatikan juga kadar keasamannya. Sebab jika kadar asamnya terlalu tinggi, maka tidak cocok untuk membersihkan lantai keramik.

Sabun pembersih yang mengandung keasaman yang sangat tinggi, justru akan membuat lapisan glazur keramik jadi terkikis. Hal itu akan membuat permukaan lantai keramik jadi semakin mengusam. Tidak hanya itu, tingginya kandungan asam yang terdapat di sabung pembersih lantai akan membuat permukaan lantai keramik akan lebih kasar lagi.

  • Segera bersihkan kotoran di lantai

Sama seperti yang lainnya, permukaan lantai keramik juga tidak bisa terhindar dari kotoran, sampah, ataupun noda. Jika terdapat kotoran di permukaannya, maka harus segera dibersihkan. Karena jika didiamkan begitu saja, maka akan mengering dan menimbulkan bekas kerak, sehingga permukaan lantai akan semakin kasar.

Apabila tidak ingin terjadi demikian, maka tidak perlu menunda untuk membersihkan kotoran yang menempel. Sebelum mengering dan meninggalkan bekas, segeralah untuk dihilangkan. Selain dibersihkan, lantai keramik juga sangat perlu untuk dikeringkan. Karena kotoran yang berupa cairan juga bisa membuat permukaan keramik lebih kasar dan warna keramik teras akan memudar.

Itulah ragam motif keramik teras rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk halaman depan rumah. Pilihlah keramik yang sesuai dengan seleramu dan jangan lupa juga untuk tetap merawat lantainya. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!
Scroll to Top