Model Daun Pintu Minimalis: Jenis, Ide dan Tips Memilih

Pintu menjadi salah satu bagian penting pada sebuah hunian, menjadi akses keluar masuk dan bisa juga pembatas antar ruangan. Saat ini semakin banyak model daun pintu yang hadir, seiring semakin beragamnya desain rumah dan karakter yang ingin ditonjolkan.

Buat Anda yang saat ini sedang membangun rumah atau berniat melakukan renovasi, berikut ini beberapa referensi daun pintu versi minimalis sampai versi modern paling baru dan tidak pasaran. Anda bisa memilih salah satu, sesuai konsep hunian yang ingin ditampilkan.

Jenis, Ide dan Tips Memilih

Sebelum mengetahui referensi dari daun pintu yang bisa Anda aplikasikan pada hunian, tak salah jika mengenal lebih dulu apa saja jenis daun pintu. Jika dilihat dari material pembuatannya, ada delapan jenis yaitu:

8 Jenis Daun Pintu

  • Kayu

Material ini adalah yang paling banyak digunakan sejak dulu sampai sekarang. Biasanya dipilih kayu dengan kualitas maksimal, mulai dari ketebalan, kekuatan, hingga keawetan nya.

Keuntungan dari pakai material ini adalah bisa dibentuk menjadi berbagai model unik dan menarik. Soal tingkat awetnya juga lebih maksimal ketimbang material lain, apalagi kalau Anda memilih jenis kayu jati yang memang sudah terkenal awet dan tahan hingga puluhan tahun.

Pada berbagai model pintu minimalis 2019 sampai saat ini, material kayu memang belum tergantikan. Makanya, disebut juga sebagai material abadi untuk pembuatan daun pintu.

  • Panel Sintetis

Merupakan daun pintu yang dibuat dari perpaduan bahan jenis sintetis dengan kayu. Kekuatannya meliputi tahan air, api, rayap, bahkan cuaca ekstrim. Kebanyakan dipakai untuk pintu utama, ruangan tertentu, hingga pintu tambahan di dalam sebuah hunian.

  • HPL

High Pressure Laminate (HPL) juga sering dijadikan material daun pintu. Dibuat dari olahan kayu yang diproses dengan tekanan tinggi. Biasanya dipakai untuk lapisan terluar daun pintu karena bisa dimodifikasi menjadi berbagai bentuk dan tekstur.

Bukan sebagai pintu utama, biasanya daun pintu HPL dipakai untuk pintu tambahan di dalam sebuah ruangan sebagai penambah keindahan dan menyempurnakan estetika interior.

  • Aluminium

Material aluminium dikenal sangat ringan, jadi akan sangat mudah untuk dibuka dan ditutup ketika sudah menjadi daun pintu. Tapi, memang kurang cocok dijadikan daun pintu utama yang sering dibuka karena akan rentan mengeluarkan bunyi yang berisik.

Biasanya, pintu ini dipakai untuk pintu kamar mandi dan pintu dapur karena material ini anti karat walaupun sering terkena air, minyak, dan lainnya.

  • Plat Besi

Daun pintu yang dibuat dari material plat besi, kebanyakan digunakan bukan untuk pintu utama. Melainkan untuk pintu pendukung. Contohnya untuk pintu di bagian garasi, pagar, hingga pintu pada bangunan pertokoan karena dari segi tampilan sangat kaku dan sulit untuk dibentuk dan didesain sesuai keinginan.

Tapi, kalau bicara soal kekuatan ternyata sangat luar biasa apalagi jika terjadi benturan hingga kebakaran. Makanya, kebanyakan penggunaan daun pintu material plat besi adalah pada bangunan komersial dan gudang penyimpanan.

  • Kaca

Siapa bilang kaca tidak bisa dijadikan daun pintu? Buktinya pada bangunan eksklusif seperti hotel, restoran, hingga hunian pribadi sudah banyak digunakan. Hanya saja, jenis kaca yang dipilih tentunya yang memiliki ketebalan maksimal dan mampu menahan tekanan dan tidak mudah buram.

Biasanya jenis kaca yang dipilih adalah tempered, dengan keunggulan dari segi ketebalan, kekuatan, dan ketahanan. Kaca jenis ini juga sering dipakai sebagai bahan utama pada skylight di bagian atap, hingga jendela-jendela utama.

Kemudian beralih sebagai material untuk mengaplikasikan model pintu utama minimalis satu pintu, yang akan memberikan kesan sederhana tapi berkarakter.

  • UPVC

Unplasticized polyvinyl Chloride (UPVC) merupakan material berbahan karet hasil pengolahan minyak bumi. Kemudian dibentuk menjadi daun pintu dengan spesifikasi yang mudah dibentuk, tahan api dan benturan, serta bisa dikolaborasikan dengan bahan lain.

Kebanyakan dipakai untuk pintu utama yang ingin di desain unik, artistik, hingga futuristik. Ada juga yang memadukannya dengan material kaca, untuk tampilan yang lebih sempurna.

  • PVC

Polyvinyl Chloride (PVC) juga banyak dipilih untuk dijadikan daun pintu pada hunian. Sifatnya yang tahan panas dan tidak akan diserang rayap, menjadikannya sangat tahan lama dan sering dipakai untuk menutupi kamar mandi.

Referensi Model Daun Pintu Terbaru

Setiap tahun selalu ada yang baru dari desain daun pintu, biasanya perubahan mengikuti berbagai faktor. Tapi, tidak terlalu signifikan hanya perubahan kolaborasi atau motifnya saja.

Mau tahu seperti apa referensi model dari daun pintu kekinian itu? Cek daftarnya berikut.

  • Daun Pintu Minimalis

Daun pintu dengan model daun pintu minimalis 2020 sampai saat ini, masih mengadopsi beberapa material utama seperti kayu dan kaca. Beberapa referensi adalah:

  1. Kayu dengan lapisan terluar hitam, untuk satu pintu utama dengan ukuran standar 80 x 190 cm. Gagangnya dibuat dengan menggunakan aluminium memanjang, sehingga walaupun minimalis tetap memberikan kesan modern.
  2. Perpaduan antara kayu sebagai bingkai dan diisi material kaca tempered, akan menjadi daun pintu minimalis yang berkarakter. Membuat rumah terlihat lebih luas, terutama jika ditempatkan pada pintu penghubung antara dua ruangan.
model daun pintu minimalis 2020 hitam

Ini merupakan salah satu model pintu minimalis satu pintu terbaru, yang banyak dipilih untuk perumahan minimalis untuk memberikan kesan lebih luas.

  • Daun Pintu Modern

Model ini ada yang didesain untuk satu pintu ukuran besar pada rumah bertingkat, biasanya ukuran pintu disesuaikan dengan desain rumah modern tersebut.

model daun pintu modern
  1. Model untuk satu daun pintu besar, berbahan kayu dengan sentuhan kaca pada bagian pinggir kiri dan kanannya. Kemudian gagangnya dibuat kecil dengan bahan kuningan atau perak.
  2. Model pintu 2 daun berbahan UPVC yang dipadukan dengan kayu asli. Dibuat glossy dengan warna kayu cenderung cerah.
  • Daun Pintu Etnik
Baca Juga  Inilah! Macam-Macam Model Atap Miring Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk model pintu 1 daun, nilai etnis yang ditampilkan bisa berupa ukiran khas suatu daerah. Contohnya:

model daun pintu Etnik
  1. Pintu standar satu daun pintu dengan ukiran khas Bali yang menonjolkan bentuk-bentuk filosofi Hindu yang sangat lekat dengan masyarakat setempat. Bahan yang digunakan adalah kayu asli tanpa tambahan material lain. Bentuk daun pintu bisa seperti gapura yang dibuka hanya ke bagian dalam saja.
  2. Memadukan tiga bahan sekaligus, dengan menempatkannya berdampingan. Pertama material kayu, kemudian di bagian tengah pintu dibuat dari bahan kaca, dan di bagian sisi selanjutnya ada aluminium. Warna yang dipilih adalah warna alami dari kayu, transparan dari kaca, dan warna silver berkilau dari aluminium.
  • Daun Pintu Vintage

Sama halnya dengan model pintu satu minimalis terbaru, daun pintu vintage juga masih banyak dicari. Yaitu, model yang sudah dikenal sejak lama dan biasanya menggunakan material kayu berukir.

model daun pintu Vintage

Tips Memilih Model Daun Pintu yang Tepat

Sekian banyaknya pilihan model dari daun pintu, mungkin akan membuat Anda bingung untuk memilih mana yang terbaik. Tapi sebenarnya, dengan menerapkan beberapa tips berikut ini Anda bisa mendapatkan daun pintu paling tepat.

  • Apa Konsep Hunian

Sebelum menentukan pilihan, apakah mau menggunakan model pintu satu minimalis, dua pintu atau lainnya. Pastikan untuk menegaskan konsep dari hunian tersebut. Apakah akan mengusung konsep minimalis maksimal, minimalis modern, klasik, etnik, atau futuristik.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memilih daun pintu yang tepat supaya terjadi keseragaman konsep antara semua komponen bangunan terutama bagian pintu dan ruangan.

  • Pilih Material

Selanjutnya tentukan material apa untuk daun pintu bagian mana. Tidak selalu semua pintu dibuat dengan material yang sama. Contoh, ketika Anda pakai konsep klasik modern. Pada bagian pintu satu minimalis utama bagian depan rumah, dipilih material kayu jati dengan sentuhan motif alami dari corak kayu itu sendiri.

Kemudian, untuk bagian ruang makan dan ruang keluarga yang letaknya bersisian diberi pembatas pintu geser yang memadukan kayu dan kaca tebal transparan. Jadi, suasana intimate akan dirasakan walaupun Anda berada di ruang makan sementara keluarga lainnya ada di ruang keluarga.

Contoh, untuk bangunan dengan konsep artistik maka material daun pintu yang tepat adalah besi dan aluminium dengan warna alaminya. Lain lagi untuk rumah konsep industrial, bisa memilih material-material seperti kayu, besi, dan UPVC.

  • Pilih Jenis Engsel

Banyak jenis engsel pintu yang bisa dipilih, ada engsel geser, kemudian lipat, dan lainnya. Pilih yang juga disesuaikan dengan konsep hunian. Contohnya, untuk model pintu 1 minimalis 2020 yang dipilih maka pintu utama menggunakan engsel lipat untuk memudahkan membuka dan menutup pintu serta untuk keamanan.

Sedangkan untuk pintu kamar dan lainnya, dipilih engsel geser ketika Anda mau menerapkan perpaduan konsep Jepang modern dan minimalis. Lalu, pada bagian garasi dipakai engsel jeruji yang memiliki tingkat keamanan ekstra pada pintu. Biasanya untuk engsel ini, material daun pintunya adalah besi atau PVC.

  • Apa Warna yang Tepat

Pintu tidak melulu harus berwarna coklat, hitam, putih, dan warna alami lainnya. Tapi, Anda juga dapat request warna daun pintu sesuai yang diinginkan. Asalkan tetap senada dengan konsep utama dari hunian tersebut.

Anda bisa memilih warna-warna terang untuk setiap kamar, sesuai karakter penghuni kamar tersebut. Pemilihan warna juga akan berhubungan dengan interior bagian dalam bangunan, dimana sebaiknya Anda tetap mengedepankan estetika saat pemilihan warna daun pintu.

  • Tentukan Ukuran yang Sesuai

Anda juga wajib memastikan ukuran dari daun pintu satu minimalis atau model lainnya yang akan diaplikasikan pada hunian. Hal ini, akan sangat berhubungan fungsi dan kenyamanan saat menggunakan pintu tersebut.

Ketika ukurannya lebih kecil tentu akan ada ruang di sisi atas atau bawah pintu, yang bisa menjadi sarana masuknya hewan ke dalam rumah. Begitu juga ketika terlalu besar, tentunya tidak bisa digunakan dan harus dimodifikasi lebih lanjut agar bisa dipasang.

  • Gagang Daun Pintu

Gagang pintu atau disebut juga handle juga harus diperhatikan ketika memilih model pintu satu minimalis 2019 atau model lain yang sesuai konsep hunian Anda. Sebab, tidak semua gagang daun pintu bisa diaplikasikan untuk satu model daun pintu.

Diantaranya ada jenis seamless, vertikal panjang, bulat, ergonomis, dan banyak lagi.

Dengan kesesuaian antara bentuk gagang, posisi, dan warnanya dengan daun pintu tentu akan menampilkan sebuah kesempurnaan konsep pintu di rumah Anda.

Semoga semua hal terkait model daun pintu ini, bisa memperluas informasi Anda tentang pentingnya memilih daun pintu yang sesuai. Jika asal pilih, maka akan sangat berpengaruh pada implementasi konsep hunian yang terlihat.