Inspirasi Model Teras Rumah Sederhana, Wajib Dicoba!

Konsep teras rumah sederhana adalah konsep teras yang paling banyak digunakan oleh setiap rumah karena terkesan tidak ribet. Meskipun begitu, tetapi tata letak barang dan dekorasinya harus tetap diperhatikan oleh setiap penghuninya. Karena teras adalah wajah atau cerminan dari isi yang ada di dalam rumah.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari inspirasi konsep teras rumah yang ingin dipakai, ikutilah berbagai rekomendasi model teras di bawah ini. Mulai dari segi interior, desain, maupun dekorasi bisa kamu aplikasikan sendiri. Dijamin kamu akan semakin betah duduk santai di teras sambil menikmati angin segar.

13 Ragam Desain Teras Rumah Sederhana Terunik

Teras rumah yang cocok untuk bersantai

Pada dasarnya kita tidak membutuhkan lahan cukup luas untuk membuat desain teras lantai 2 yang diidam-idamkan dan membuat penghuninya lebih betah. Contohnya saja model teras satu ini yang ukurannya hanya 1-2 meter, namun sangat bermanfaat untuk penghuninya.

Teras rumah yang cocok untuk bersantai
Teras Rumah Sederhana 1

Kamu hanya perlu menambahkan sebuah meja kecil, beberapa kursi, serta tanaman hias yang minimalis untuk mempercantik teras rumah. Jika ingin lebih estetik lagi, kamu bisa menambahkan lampu gantung dan hiasan lainnya. Dengan begitu kamu, bisa bersantai sambil menyeruput secangkir teh bersama keluarga di teras.

Teras rumah klasik yang dibatasi oleh pagar rendah putih

Untuk kamu yang menyukai warna cerah dan mencolok, pilihlah konsep warna putih untuk tampilan teras rumahmu. Buatlah tampilan terasmu menjadi gaya klasik, yaitu dengan membuat pagar yang rendah dari kayu putih. Konsep seperti ini akan cocok untuk kamu yang tinggal di komplek perumahan. Sebab, di perumahan keamanannya sudah terjamin dan tidak perlu pagar tinggi lagi untuk menjaga keamanannya.

Teras rumah klasik yang dibatasi oleh pagar rendah putih

Teras rumah terbuka dan dekat dengan alam

Jika teras dibatasi dengan pintu jenis kaca lipat yang memiliki bukaan yang sangat lebar, akan membuat model teras lantai 2sederhana terlihat lebih fresh dan seakan membuat kita berada di alam bebas. Apalagi jika lantainya juga terbuat dari kayu berkualitas, maka suasana alaminya akan lebih kental, sehingga membuat teras lebih sejuk.

Teras rumah terbuka dan dekat dengan alam

Jangan lupa untuk membatasinya dengan pagar yang cukup tinggi, agar privasimu dan keluarga tetap terjaga. Bagi kamu yang senang menikmati waktu sore hari di teras, taruhlah beberapa kursi di teras tersebut

Konsep teras yang multifungsi

Dengan bentuk yang kecil, kadangkala rumah minimalis tidak memerlukan desain yang sangat banyak dan merepotkan. Untuk memiliki teras yang multifungsi, biasanya para penghuninya hanya mengosongkan ruangan depan dan memasangkan keramik di lantai. Tidak hanya untuk duduk atau menyimpan kendaraan saja, melainkan bisa dijadikan arena bermain untuk anak-anak.

Konsep teras yang multifungsi

Jangan takut ruangan menjadi sesak, karena telah dibatasi oleh pagar yang terjamin keamanannya meski dengan desain terbuka. Justru dengan begitu suasana kebebasannya lebih mengental. Agar sirkulasi udara tetap berjalan, tambahkan pula tanaman hias kecil yang warnanya senada dengan cat rumah.

Model teras lantai 2 minimalis

Rumah bertingkat memiliki tampilan yang menyatu, hal itulah yang membuat teras rumah 2 lantai tampak lebih elegan dan kecantikan pada segi eksteriornya jadi bertambah secara menyeluruh. Apalagi jika dindingnya terbuat dari batu bata yang disusun secara vertikal, maka tingkat atas dan bawah rumah akan terlihat lebih menyatu dan lebih kompak.

teras lantai 2 minimalis 1
teras lantai 2 minimalis 2
teras lantai 2 minimalis 3
teras lantai 2 minimalis 4

Agar tatanannya terlihat simetris, di bagian kanan dan kiri rumah taruhlah tanaman yang potnya memiliki ukuran sedang dan berwarna hitam.

Model teras rumah yang memiliki kesan modern

Untuk kamu yang ingin mengaplikasikan konsep minimalis dan modern untuk tampilan teras rumah, sebaiknya buatlah plafon teras yang cukup besar. Selain itu, hindarilah tampilan yang memberikan kesan kering dan tidak menarik.

Model teras rumah yang memiliki kesan modern

Dengan ditambahi pilar-pilar kuat dengan atap kayu yang berongga, maka tampilan teras rumahmu akan terhindar dari kesan dingin. Jangan lupa juga untuk menaruh sofa kecil dan meja untuk menikmati waktu sambil bersantai. Walaupun memiliki konsep minimalis, nyatanya konsep teras ini sangat tepat untuk rumah yang berukuran sedang sampai besar.

Melengkapi teras dengan kolam

Bagi kamu yang memelihara berbagai macam ikan hias, kamu juga bisa membuat sebuah kolam kecil di sekitar teras. Dengan adanya kolam ini, akan membuat gambar teras rumah menjadi tempat hangout yang nyaman bersama keluarga maupun teman.

Baca Juga  10 Contoh Plafon Rumah Agar Hunian Nyaman dan Menawan
model teras rumah kolam ikan

Teras rumah dengan konsep kayu

Untuk model teras dengan konsep ini, kamu bisa memadupadankan elemen kayu dengan lantai batu. Tidak hanya pagar saja yang terbuat dari kayu, tetapi juga bagian tanah yang ditumbuhi tanaman juga ditutupi sempurna oleh susunan kayu yang rapi. Jangan lupa juga untuk menambahkan meja dan kursi kayu untuk bersantai.

Teras rumah dengan konsep kayu
Teras rumah dengan konsep kayu

Agar tampak lebih alami, kamu bisa menambahkan berbagai pot-pot tanaman kecil di sepanjang permukaan pagar. Lengkapi juga terasmu dengan pencahayaan portabel supaya menampilkan kesan elegan.

Teras rumah bergaya rustic yang menawan

Ingin memiliki tampilan teras yang berbeda dari teras rumah lainnya? Cobalah hias tampilan teras lantai 2 minimalis dengan dekorasi bergaya rustic chic. Untuk mendekornya pun tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu meletakkan dengan tepat berbagai hiasan taman, beserta bunga dan tanaman yang cantik.

Teras rumah bergaya rustic yang menawan

Konsep teras rumah sederhana ala Jepang

Model teras ala Jepang memang membuat suasana menjadi lebih hangat dan nyaman, apalagi jika ditata secara benar dan tepat. Apabila kamu tidak ingin menaruh banyak tanaman, kamu bisa menaruh tanaman-tanaman kecil supaya tidak repot merawatnya. Tambahkan juga lampu taman untuk penerangannya agar tetap cantik di malam hari.

Konsep teras rumah sederhana ala Jepang

Teras rumah sederhana seperti di pedesaan

Ingin mempunyai rumah dengan suasana pedesaan yang sejuk? Hiasilah teras rumah lantai2 dengan pot bunga kecil maupun besar, lantai kayu, hingga sofa beserta bantalan yang empuk. Dengan begitu, kamu bisa merasakan sejuknya udara seperti di pedesaan. Desain teras seperti ini bisa diaplikasikan di semua rumah dengan arsitektur apapun.

Teras rumah sederhana seperti di pedesaan

Memadupadankan taman kecil dan plafon

Bagi kamu yang memiliki taman kecil di dekat teras, hindarilah memakai dekorasi yang terlalu padat. Kamu hanya perlu memanfaatkan lahan dengan cara menanam beberapa pohon rindang, namun tidak membutuhkan perawatan yang merepotkan. Selain itu, untuk kesan teduhnya berasal dari plafon yang menutupi teras. Untuk menambah kesan hangatnya, jangan lupa pasang beberapa lampu kecil agar teras tetap bercahaya di malam hari.

Memadupadankan taman kecil dan plafon

Model teras rumah sederhana dengan konsep feminim

Umumnya, teras yang lantainya dilapisi keramik mempunyai banyak manfaat untuk teras rumahmu. Salah satunya tidak membuat orang yang melewatinya terpeleset, karena tekstur keramik bersifat cenderung kasar. Untuk mempercantik tampilan teras rumah tingkat, sebaiknya pakai keramik dengan kombinasi corak minimalis dan warna yang tenang. Jangan lupa juga untuk menambahkan tanaman hias di setiap sisinya.

Model teras rumah sederhana dengan konsep feminim 1
Model teras rumah sederhana dengan konsep feminim 2

Nah, sangat unik bukan konsep model teras rumah sederhana di atas? Pilihlah desain model teras yang cocok dengan seleramu. Selamat mencoba.