Ukuran Rangka Plafon Kuat untuk Rumah Tinggal Anda

Informasi mengenai ukuran rangka plafon hollow memang sudah menjadi informasi yang perlu diketahui ketika seseorang hendak membangun sebuah bangunan tertentu. Sebab, plafon dari sebuah bangunan wajib dibuat dengan sekuat mungkin, sehingga Anda perlu memperhitungkan ukuran rangka plafon hollow dengan baik.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis hollow yang digunakan, karena ini akan menjadi penentu apakah plafon yang akan dibangun itu dapat kuat atau tidak. Pastikan besi hollow yang akan digunakan memiliki kualitas yang terbaik, dan bukan merupakan besi hollow yang abal-abal.

Jika Anda menggunakan besi hollow yang berkualitas tinggi, maka plafon akan tercipta dengan kekuatan yang tinggi, sehingga akan membuat Anda puas. Selain jenisnya, seperti yang sudah kami katakan di paragraf sebelumnya, Anda juga perlu memperhatikan ukurannya dengan baik. Pasalnya, ketebalan dari hollow dapat menjadi penentu yang besar dalam hal kuat atau tidaknya plafon tertentu.

ukuran rangka plafon1

Apalagi, meskipun besi hollow yang digunakan memiliki ketebalan yang tinggi, hal ini tidak terus membuat plafon akan menjadi kuat. Ukuran dari segala halnya harus diperhitungkan dengan baik-baik, supaya plafon dapat menjadi kuat.

Ukuran rangka plafon hollow & panjang hollow gypsum

Tingkat kekuatan dari sebuah plafon bukan hanya tergantung dari ukuran rangka plafon gypsumnya saja, tetapi semua itu juga akan tergantung dari cara pasang tongkat penyangganya, atau biasa juga disebut dengan gantungan hollow plafon.

Sementara itu, biasanya jarak rangka yang paling ideal dari hal ini akan tergantung dengan kebijakan tukangnya sendiri. Namun, ada juga yang tergantung dengan kebijakan dari sang pemilik bangunan. Jika Anda mampu menebak dan memperhitungkan ukuran dari hal ini dengan tepat, maka hal ini akan jauh lebih baik untuk dilakukan. Kendati demikian, Anda harus selalu mengingatnya, bahwa semua tidak boleh dilakukan secara sembarangan, dan Anda wajib berbekal ilmu yang tepat sebelum melakukan perhitungan ukuran rangka plafon ini.

ukuran rangka plafon

Sekarang mari kita mulai membahas ukuran ketebalan hollow gypsum terlebih dahulu. Untuk ukuran ketebalan hollow gypsum sendiri cukup beragam, ada yang berukuran 0,3 mm, 0,4 mm, 0,45 mm, 0,6 mm, hingga 0,7 mm. Ukuran-ukuran ini nantinya harus diperhitungkan kembali dan disesuaikan dengan tongkat penyangganya. Jadi, Anda tidak boleh secara acak memilih ukuran yang tidak tepat.

Sedangkan untuk ukuran hollow gypsum, biasanya akan berukuran 2×4 (20×40) dan 4×4 (40×40). Jika angka tersebut adalah ukuran lazim dari hollow gypsum, untuk panjang standarnya adalah 4 meter. Namun meskipun begitu ada juga oknum yang menyediakan rangka hollow gypsum berukuran 6 meter, meskipun hal ini hanya berlaku bagi ketebalan tertentu saja.

Nah, sekarang sudah saatnya untuk kita membahas seputar ukuran rangka plafon yang paling standar. Berapakah ukuran rangka plafon yang terbilang paling standar? Jawabannya adalah yang berukuran 60 cm x 80 cm. Namun, meskipun begitu angka ini masih tidak bisa dijadikan sebagai ukuran yang akan digunakan oleh semua orang, karena seperti yang sudah kita bahas, ukuran dari rangka plafon akan menyesuaikan dengan ketebalan dari hollow yang digunakan.

Contoh, jika Anda menggunakan hollow yang memiliki ketebalan di angka 0,25 dan 0,30, maka sangat dianjurkan untuk Anda menggunakan ukuran rangka plafon yang berada di angka 60 cm x 60 cm. Sedangkan untuk ukuran rangka plafon yang berada di angka 60 cm x 80 cm, biasanya akan disandingkan dengan hollow yang memiliki ketebalan di angka 0,30 dan 0,35.

Jadi, sebelum Anda hendak memutuskan ukuran rangka plafon yang akan Anda gunakan, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu ukuran ketebalan dari hollow yang akan digunakan. Jika Anda masih merasa bingung dengan ukuran-ukuran ini, Anda bisa berkonsultasi dengan tukang bangunan yang bertanggung jawab pada bangunan milik Anda.

Ukuran jarak rangka plafon PVC yang wajib Anda ketahui!

Seperti yang sudah kita ketahui, plafon adalah sebuah komponen yang ada dalam bidang konstruksi bangunan, dan hal ini akan ditempatkan pada langit-langit ruangan. Plafon memiliki peran penting dalam menutupi kerangka bangunan. Selain itu, plafon juga memiliki fungsi lainnya, yaitu sebagai pembatas antara atap bangunan dengan interior dari bangunan tersebut.

Hanya dengan memahami dari artinya saja, Anda pasti sudah tahu kan, bahwa plafon memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bangunan, sehingga untuk pembuatannya sendiri pasti membutuhkan tenaga dan bahan yang tidak sedikit dan wajib berkualitas baik. Maka dari itu, banyak orang yang mengatakan bahwa plafon termasuk dalam daftar komponen penting yang harus Anda perhatikan, ketika hendak membangun atau merenovasi sebuah bangunan tertentu.

Sebenarnya, ukuran jarak rangka plafon akan berbeda-beda dan tergantung dari bahan yang digunakannya masing-masing. Jika yang akan kami bahas disini adalah ukuran jarak rangka plafon jenis PVC, akan tetapi masih ada lagi jenis plafon lainnya. Jadi, jika Anda telah memahami ukuran jarak rangka plafon jenis ini, Anda bisa melanjutkannya dengan memahami ukuran jarak rangka plafon GRC serta ukuran jarak rangka plafon gypsum. Informasi-informasi seputar hal ini dapat Anda temukan dengan mudah melalui internet.

Sekarang, simak dengan baik apa yang dimaksud dengan plafon PVC. Kepanjangan dari PVC itu sendiri adalah Polyvinyl Chloride, dan istilah ini juga sering dikenal sebagai bahan pipa air. PVC memiliki bahan material yang polimer lentur dan juga ringan. Selain itu, PVC juga memiliki ketahanan yang kokoh. Jadi, tidak mengherankan jika PVC sering digunakan sebagai bahan pembuatan plafon.

Baca Juga  17 Contoh Desain Keren Tata Ruang Kantor Terbuka dan Penjelasannya

Untuk ukuran jarak rangka dari plafon jenis ini sendiri cukup beragam, akan tetapi yang paling umum digunakan adalah 60 cm x 80 cm. Namun, karena setiap rumah akan memiliki desain dan susunan arsitektur yang berbeda-beda, jadi ukuran jarak rangka ini masih perlu disesuaikan dengan lain halnya lagi yang terdapat dalam bangunan tersebut.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui berbagai macam ukuran jarak rangka dari plafon PVC ini, kami akan memberikan daftarnya berikut ini:

  • Ukuran 30 cm x 30 cm
  • Ukuran 30 cm x 40 cm
  • Ukuran 40 cm x 40 cm
  • Ukuran 40 cm x 60 cm
  • Ukuran 60 cm x 60 cm
  • Ukuran 60 cm x 80 cm

Keunggulan dan cara pemasangan plafon PVC yang benar

Jika Anda meneliti dengan lebih dalam lagi, Anda pasti dapat menemukan banyaknya kelebihan yang dimiliki plafon PVC. Salah satu kelebihan dari plafon PVC adalah sangat mudah ketika dipasang, karena plafon dengan jenis ini memiliki massa yang ringan. Selain itu, kelebihan dari plafon PVC ini tidak berhenti sampai disitu saja. Plafon PVC dikatakan tahan dalam serangan api, sehingga tingkat kekuatannya tidak perlu diragukan lagi.

Sementara itu, plafon PVC juga cenderung mudah untuk dibersihkan, sehingga Anda tidak perlu repot-repot jika hendak membersihkannya. Bahkan, plafon PVC tidak hanya tahan dari serangan api saja, tapi plafon jenis ini juga tahan dari bahaya rayap, dalam arti lainnya adalah anti rayap. Jadi, plafon PVC dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk cara pemasangannya sendiri sangat mudah. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih menggunakan plafon PVC untuk melengkapi interior bangunannya. Berikut adalah cara memasang plafon PVC yang benar dan mudah:

  • Susun rangka kayu yang sesuai dengan ukuran standar atau ukuran sesuai kebutuhan.
  • Setelah itu potong list dengan sudut 45 derajat, dan pasang pada setiap sisi dinding serta dekat dengan rangka.
  • Kemudian siapkan plafon PVC dan potong dengan menggunakan gergaji. Potong dengan menyesuaikan ukuran tiap rangka kayu.
  • Setelah berhasil memotongnya, Anda bisa langsung memasang plafon tersebut satu per satu secara berurutan dan dengan rapi.
  • Selesai.

Cara memasang rangka plafon kalsiboard dengan mudah dan tepat

Kalsiboard ialah salah satu pilihan material yang dapat diaplikasikan dalam pembuatan suatu plafon bangunan. Material ini terbilang masih baru jika dibandingkan dengan material seperti triplek, kayu, dan gypsum, jadi tidak mengherankan jika masih ada banyak orang yang belum mengenal mengenai material yang satu ini.

Mengapa semakin kesini kalsiboard semakin direkomendasikan oleh para ahli? Karena kalsiboard sama sekali tidak mengandung asbes sedikit pun. Ini tentu menjadi daya tarik dari kalsiboard itu sendiri. Selain itu, karena kalsiboard ini tidak mengandung asbes sama sekali, jadi ini juga menjadi pembeda material baru ini dengan material-material lainnya. Dengan memanfaatkan kalsiboard sebagai material plafon, rumah akan terlihat lebih indah dan aman.

Nah, untuk memasang rangka dari plafon kalsiboard sendiri membutuhkan ilmu khusus. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena caranya akan sangat mudah untuk dilakukan. Cara tersebut adalah:

  • Rangka plafon jenis kalsiboard umumnya akan dipasangi balok penguat tiap jarak 75 cm – 1 m.
  • Untuk menentukan tingkat ketebalan dari balok framing sendiri akan menyesuaikan dengan ketebalan dari dinding partisi yang akan tercipta.
  • Anda perlu memberikan selisih sekitar 2 cm pada ketebalan dinding yang diperlukan. Mengapa begitu? Karena bahan kalsiboard pada umumnya tidak memiliki tingkat ketebalan yang tinggi.
  • Jadi, jika ketebalan dari dinding partisi bangunan Anda berukuran 12 cm, maka Anda cukup menyiapkan dan menggunakan balok framing yang memiliki ukuran ketebalan sebesar 10 cm.

Menghitung ukuran plafon dengan akurat

Mengukur plafon dengan akurat memang sangat perlu untuk dilakukan. Sebab, jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, maka ukuran dari plafon tersebut wajib dihitung dengan tepat. Sementara itu, yang perlu Anda catat dengan baik-baik adalah, sebelum memulai menghitung hal ini, Anda perlu memastikan terlebih dahulu jenis material plafon yang akan Anda gunakan. Kemudian, baru Anda bisa mengukur ukuran yang tepat untuk plafonnya, karena setiap jenis plafon akan memiliki ukuran yang berbeda-beda, sehingga semua itu harus disesuaikan dengan baik.

Menghitung volume dari bahan plafon bangunan sendiri dapat dilakukan dengan sederhana, karena perhitungan jenis ini hanya membutuhkan metode perhitungan luas ruangan. Namun, tentu cara ini akan membutuhkan ketelitian yang penuh, supaya tidak terjadi kesalahan sedikit pun pada saat menghitung ukurannya.

Akhir kata

Itu saja yang bisa kami sampaikan seputar informasi yang berkaitan dengan ukuran rangka plafon hollow. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan informasi berharga sekali lagi, dan mampu memberikan manfaat lainnya bagi sebagian besar pembaca artikel ini.