Apasih Kegunaan dan Cara Kerja Ventilator Atap? Yuk Simak Ulasan Ini Jika Anda Penasaran

Turbin Ventilator Atap merupakan alat yang sejenis dengan exhaust fan ataupun roof fan. Alat ini memiliki fungsi untuk menghisap udara panas dan debu. Selain itu, alat ini juga berfungsi sebagai alat ventilasi ataupun untuk sirkulasi udara. Turbin ventilator otomatis ini tidak menggunakan tenaga listrik serta bebas perawatan dan mampu bekerja selama 24 jam. sehingga akan jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan exhaust fan dan roof fan.

Ventilator atap memiliki banyak keuntungan serta diperlukan beberapa alasan. Maka tak heran jika banyak bangunan yang telah menggunakannya. Anda bisa menggunakannya dengan berbagai macam keuntungan. Penasaran dengan ulasan ini? Jika iya, simak terus ulasan ini sampai tuntas.

5. Apasih Kegunaan dan Cara Kerja Ventilator Atap Yukk Simak Ulasan Ini Jika Anda Penasaran

Alasan Anda Harus Menggunakan Ventilator Atap

Seperti ulasan diatas sebelumnya bahwasanya ventilator atap bisa mengatasi rumah pengap serta panas. Namun perlu Anda ketahui bahwasanya ada beberapa hal lain mengapa Anda harus memasangnya. Lalu apa sajakah itu? Berikut alasan mengapa Anda harus menggunakannya:

  1. Sudah terbukti mampu mengatasi masalah udara panas, kotor ataupun pengap dari dalam ruangan serta mampu mengurangi kelembaban
  2. Terbebas dari biaya listrik (operasional)
  3. Bahan kuat dan ringan
  4. Bahan tidak berkarat serta tidak berisik
  5. Sangat cocok untuk berbagai macam aplikasi jenis atap dan bangunan seperti Gudang, pabrik, ruang serbaguna, rumah tinggal, rumah ibadah, rumah makan ataupun tempat yang lainnya
  6. Membuat ruangan kerja lebih nyaman
  7. Sirkulasi udara normal, sehingga mampu meningkatkan produktivitas karyawan.

Apa Sih Kegunaan Ventilator Atap

Di sebagian daerah mungkin Anda sering melihat ventilator atap di atas bangunan Gudang maupun rumah tinggal. Namun masih ada sebagian orang yang bingung atau kurang megetahui tentang ventilator atap dan kegunaannya. Lalu apa sih kegunaannya?

Berikut kegunaan ventilator di setiap bangunan yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  1. Pabrik & Gudang

Bangunan yang pertama ialah pabrik dan Gudang. Ventilator di tempat ini mempunyai sifat aktif. Selain itu, ventilator atap GNET membuat udara akan bergerak secara otomatis dan tanpa menggunakan listrik sehingga dapat menghilangkan udara panas dan partikel debu yang mengambang. Hal inilah yang membuat udara menjadi tidak sehat dan sepatutnya perlu dikelurkan.

  1. Dapur

Suatu ruangan yang pasti dipunyai oleh setiap rumah ialah dapur. Tahukah kamu, dapur jugalah perlu memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan adanya alat ini akan membuat sirkulasi udara menjadi teratur. Sehingga akan membuat dapur menjadi lebih bersih dari udara yang tidak sedap dan pastinya akan mampu memenuhi persyaratan kesehatan.

  1. Restaurant

Di dalam restaurant ventilator atap sangatlah penting. Hal ini sangatlah dibutuhkan agar mampu membuat sirkulasi udara yang alami dan continue. Sehingga membuat ruangan didalam menjadi lebih nyaman. Selain itu mampu meningkatkan kinerja kerja dari karyawan.

  1. Gedung olahraga

Ventilator atap pada Gedung olahraga tak kalah penting. Sirkulasi udara di dalam Gedung olahraga sangatlah diperlukan. Agar sirkulasi udara di dalam Gedung menjadi lebih segar. Sehingga mampu membuat suasana nyaman untuk para atlet.

Keuntungan Menggunakan Ventilator Atap

Ventilator atap merupakan salah satu hal yang menguntungkan bagi rumah Anda khususnya pada bagian sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang baik akan menghasilkan udara yang baik di dalam ruangan agar tidak merasa pengap atau merasakan bau yang tidak sedap. Tentunya masih banyak lagi keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan. Lalu apa saja kah itu? Berikut keuntungannya:

  1. Mudah Dipasang

Pemasangan kipas ini sangatlah mudah. Anda tidak harus memasang ventilatornya di tengah-tengah atap, namun bisa dipasang pada bagian pinggir atap ataupun pada sisi atap lainnya. Meskipun tergolong mudah dipasang, namun dalam memasang tidak boleh sembarangan.

Hal ini dikarenakan dalam memasangnya harus bertumpu pada rangka atap dan diikat dengan menggunakan sekrup agar lebih kokoh. Alat ini bisa dijadikan alternatif untuk pendingin agar lebih hemat energi selain menggunakan AC.

  1. Lebih Hemat Listrik

Seperti pada ulasan sebelumnya, bahwa dengan menggunakan ventilator atap akan lebih hemat energi. Hal ini akan mempengaruhi biaya listrik. Dengan menggunakannya mampu mengurangi penggunaan listrik. Sistem penggeraknya menggunakan angina dan bisa digunakan selama 24 jam non-stop.

Namun bisa dikatakan kurang efektif apabila rumah Anda terletak pada lingkungan yang padat rumah dan tidak ada angin sama sekali.

  1. Memiliki Sifat Ramah Lingkungan

Ventilator atap ini mempunyai sifat yang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan ventilator atapnya menggunakan sistem mengundang angin untuk masuk ke dalam ruangan. Bahan baku ventilator yang digunakan ialah dengan menggunakan stainless steel atau bisa dengan menggunakan alumunium yang kuat serta tahan lama dari suhu udara yang ekstrim dan tahan dengan cuaca apapun.

  1. Mampu Mengatasi Masalah Udara Dalam Rumah

Seperti pada ulasan sebelumnya, ventilator atap sangat berguna untuk mengatasi udara pada tempat tinggal agar tidak merasa panas dan pengap dalam ruangan. Dengan menggunakan ventilator atap akan mampu mengatasi masalah udara di dalam ruangan agar bisa memiliki udara yang segar dan pastinya tidak lembab.

Baca Juga  Rumah Anda Tidak Memiliki Ventilasi Udara yang Cukup? Tenang, Roof Fan Bisa Menjadi Solusi Permasalahan Anda!

Cara Kerja Ventilator Atap

Dengan menggunakan ventilator atap memanglah memiliki keuntungan yang bisa didapatkan. Selain bisa membantu permasalahan tentang sirkulasi dalam rumah, namun Anda pun mampu menghemat energi serta pengeluaran untuk biaya listrik. Namun tahukah Anda cara kerjanya? Penasaran? Berikut cara kerjanya:

  1. Turbin ventilator akan berputar jika ada hembusan angin. Meskipun dengan kecepatan yang rendah, ventilator atap akan tetap berputar. Selain itu, ventilator turbin tetap mampu menahan angin dengan kecepatan yang tinggi.
  2. Perputaran ventilator atap disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara di dalam dan diluar ruangan. Turbin akan selalu berputar untuk menghisap udara panas dari dalam ruangan yang mana memiliki prinsip thermosiphon. Prinsip tersebut bekerja berdasarkan tekanan dan aliran udara panas yang berasal dari dalam ruangan.
  3. Jika ventilasi udara yang berada di dalam rumah baik, maka suhu udara di dalam rumah akan normal. Namun apabila di dalam rumah masih terasa panas maka perlu sekali dengan adanya bukaan ataupun ventilasi yang memadai.
  4. Sehingga rumah menjadi panas, yang mana dapat dipengaruhi oleh panas radiasi yang keluar dari plafon langsung berhubungan dengan atap rumah.

Ventilator merupakan salah satu hal yang diperlukan untuk menjaga sirkulasi di dalam ruangan tetap lancar supaya penghuni di dalam ruangan akan terasa nyaman dan tidak pengap. Selain itu, dengan adanya ventilator atap juga akan mengurangi kelembaban di dalam ruangan. Semoga dengan ulasan ini dapat membantu Anda di dalam memilih ventilator. Apakah Anda berminat memilikinya? Baca juga artikel lain tentang rumah di plafon.id